Proses Sortir Surat Suara Dimulai, KPU DIY Belum Terima Data Kerusakan

Logistik surat suara sudah masuk ke gudang KPU DIY 

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) menyebut logistik Pemilu 2024 saat ini sudah berada di gudang-gudang KPU Kabupaten/Kota.

Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi mengatakan untuk surat suara yang sudah diterima saat ini untuk Capres/Cawapres, Calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Untuk surat suara calon anggota DPD saat ini masih proses pencetakan.

Shidqi menjelaskan surat suara yang datang langsung dilakukan proses penyortiran untuk mengecek apakah ada kerusakan. Misal lubang pada surat suara yang mengarah pada salah satu partai, atau calon. "Kemudian surat suara robek, rusak, kita sortir," ujar Shidqi, Kamis (11/1/2024).

1. Petugas diingatkan untuk bekerja cermat

Proses Sortir Surat Suara Dimulai, KPU DIY Belum Terima Data KerusakanIlustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Shidqi belum bisa mengungkapkan hasil sortir saat ini, karena masih dalam proses. Setelah seluruhnya selesai, KPU baru bisa menyampaikan berapa jumlah kerusakan atau yang tidak bisa digunakan. Hasil dari penyortiran selanjutnya disampaikan ke KPU RI.

"Kalau ada kekurangan, ada kerusakan berapa, sehingga mengakibatkan kekurangan, nanti akan diganti. Ya kita segera, pastilah dalam proses cetakan ada gagal cetak, cacat, itu pasti ada," ujar Shidqi.

Shidqi mengatakan berdasar pengalaman, kerusakan surat suara persentasenya sangat kecil. Meski begitu, petugas selalu diingatkan untuk cermat dan bekerja secara profesional.

2. Antisipasi untuk mencegah kerusakan

Proses Sortir Surat Suara Dimulai, KPU DIY Belum Terima Data KerusakanIlustrasi pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Shidqi mengungkapkan, KPU DIY melakukan antisipasi mencegah kerusakan pada logistik Pemilu 2024. Gudang yang digunakan untuk penyimpanan logistik Pemilu sudah sesuai dengan dengan ketentuan KPU RI.

"Penyimpanan kita pakai palet agar tidak lembab, tutup terpal mengantisipasi percikan air, meskipun atap-atapnya sudah antisipasi kebocoran, ini juga sudah kita antisipasi. Masing-masing gudang ada CCTV, memantau keamanan, kemudian ada petugas keamanan," ungkap Shidqi.

Baca Juga: KPU Bantul Targetkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai 24 Januari

3. Surat suara dalam proses sortir dan pelipatan

Proses Sortir Surat Suara Dimulai, KPU DIY Belum Terima Data Kerusakanilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Koordinator Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu DIY, Agung Nugroho mengatakan, sampai saat ini masih dalam proses pengawasan sortir lipat surat suara yang sudah dikirim. "Terdapat surat suara yang tidak layak atau rusak pada saat sortir lipat selanjutnya akan dimintakan ganti ke penyedia. Terkait junlahnya belum bisa kami publikasikan karena masih berproses dan sinkronisasi data dengan KPU Kabupaten/kota dan KPU DIY," ungkap Agung. 

Agung menjelaskan kendala yang dihadapi tidak banyak, hanya terdapat surat logistik yang tidak layak pakai seperti surat suara yang rusak, segel yang gambarnya berbayang. "Kekurangan DCT pada beberapa daerah pemilihan, yang tentunya karena waktu yang tersedia masih longgar diharapkan sebelum proses distribusi bisa dipenuhi," kata dia. 

Agung menyebut, pihaknya masih melakukan pengawasan baik surat suara yang belum dilakukan sortir lipat, maupun saat setting, hingga distribusi ke TPS. "Untuk memastikan semua logistik tepat jumlah, tepat waktu dan tepat sasaran untuk bisa digunakan pada hari H pemungutan suara," ungkap Agung.

Baca Juga: UGM Buka Pendaftaran Pengawas Independen Pemilu di TPS Lokasi Khusus

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya