Platform Aggregator Dorong UMKM Masuk Pasar Internasional

Ongkir terjangkau untuk kirim ke luar negeri

Intinya Sih...

  • Lincah.id mendorong UMKM ekspansi ke pasar luar negeri, terutama Malaysia dan Singapura.
  • Platform ini menawarkan biaya pengiriman terjangkau mulai dari Rp40 ribu, serta berbagai solusi seperti dashboard pengiriman dan formulir pemesanan.
  • Lincah.id juga memberikan pelatihan gratis untuk UMKM agar bisa naik kelas dalam bisnis online.

Sleman, IDN Times - Upaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilakukan berbagai pihak. Salah satunya platform aggregator Lincah.id, yang mendorong UMKM merambah pasar luar negeri.

Lincah.id berbasis website dan dirancang untuk mempermudah proses penjualan dan pengiriman bagi para pelaku bisnis online. "Target kami (untuk UMKM) ekspansi seluruh Indonesia, ekspansi ke Asia," ujar CEO Lincah.id, Yudha Krisna, saat konferensi pers Melompat Lebih Tinggi, di The Rich Hotel, Senin (22/4/2024).

1. Pasar Malaysia dan Singapura jadi target awal

Platform Aggregator Dorong UMKM Masuk Pasar InternasionalCEO Lincah.id, Yudha Krisna. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Yudha menyebut Lincah.id setidaknya akan menarget pangsa pasar di Malaysia dan Singapura terlebih dahulu. Diharapkan pada awal Mei 2024 ini sudah bisa merambah ke dua negara itu. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah biaya kirim yang terjangkau.

"Jadi orang kirim dari Bantul (ke luar negeri), dengan ongkos yang terjangkau, seperti Rp40 ribu. Kripik usus, bisa dikirim satuan, tidak harus banyak," kata Yudha.

Yudha juga mencoba mendorong agar UMKM naik kelas dengan berbagai pelatihan. Seperti pelatihan untuk branding, maupun berbagai pelatihan lainnya. "Apa yang gak bisa, kami akomodir, kita tampung, dan beri pelatihan secara gratis," ujar Yudha.

2. Sejumlah keunggulan lincah.id

Platform Aggregator Dorong UMKM Masuk Pasar InternasionalKonferensi pers Melompat Lebih Tinggi, di The Rich Hotel, Senin (22/4/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Lincah.id juga menyediakan beragam solusi seperti dashboard pengiriman, formulir pemesanan, dan notifikasi melalui WhatsApp. Lincah.id mengintegrasikan lebih dari 7 layanan ekspedisi terkemuka di Indonesia, dengan rencana kerja sama yang terus berkembang dengan pihak-pihak ekspedisi lainnya. Sebagai hasilnya, Lincah.id menawarkan layanan pengiriman yang andal dan luas jangkauannya di seluruh wilayah Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2023, Lincah.id berasal dari komunitas underazero yang memberikan pendidikan kepada para pemula di bidang pemasaran internet, membantu mereka tumbuh menjadi profesional pemasaran internet yang handal. Dengan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan industri ini, Lincah.id didirikan oleh dua orang praktisi pemasaran internet untuk mendukung para profesional di industri tersebut. Dalam hal ini, Lincah.id menawarkan layanan pengiriman yang dapat diandalkan, akurat, dan efisien.

"Lincah.id akan terus mengakomodir orang yang ingin belajar bisnis online bahkan yang sudah paham bisnis online untuk terus berkembang agar kita tidak dikuasai oleh predator-predator asing yang akan menghambat Indonesia Maju," Yudha.

Baca Juga: 9 Promo Halalbihalal Hotel di Jogja, Pas Buat Rombongan 

3. Kolaborasi dorong UMKM

Platform Aggregator Dorong UMKM Masuk Pasar InternasionalKonferensi pers Melompat Lebih Tinggi, di The Rich Hotel, Senin (22/4/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Melangkah Lebih Tinggi Mencerminkan semangat untuk terus berkembang, menantang diri sendiri, dan mencapai puncak potensi. Acara Grand Launching ini adalah ungkapan terima kasih Lincah.id kepada konsumen atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. Grand Launching Ceremony ini juga sebagai wujud apresiasi atas dedikasi dan loyalitas pada seluruh pelanggan. Oleh karena itu, Lincah.id berharap acara ini menjadi momen berarti bagi setiap konsumennya.

"Ninja Xpress akan selalu mensupport Lincah.id untuk terus berkembang dan menghadirkan produk-produk baru, dan semoga teman-teman UMKM yang menjual produknya secara online juga terus berkembang dan sukses," ucap VP Business Development Ninja Xpress, Andry Mulyono.

Andry juga mengatakan untuk merambah pasar Malaysia dan Singapura bukan tanpa alasan. Menurutnya kondisi masyarakat yang hampir sama dengan Indonesia diharap produk-produk dari UMKM Indonesia bisa diterima. "Makanan lebih masuk, mungkin skincare kulit kita sama, kira-kira gitu Malaysia, Singapura. Lihat potensinya akan kita buka lagi, ke ASEAN dulu, kemudian Asia," kata dia.

Acara ini juga untuk merayakan perjalanan Lincah.id dalam Ber-Transformasional, di mana Melompat Lebih Tinggi adalah proses evolusi diri, mengubah potensi menjadi realitas yang menginspirasi. "Lincah.id mengucapkan terima kasih banyak kepada konsumen atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. Semoga Lincah.id bisa terus bertransformasi untuk melompat lebih tinggi," tutup CO-Founder Lincah.id, M. Aziz Rifai.

Baca Juga: Sleman Jadi Tuan Rumah Rakernas IMA, Diharapkan Dongkrak Potensi UMKM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya