Modus Penipuan Mengganti Nomor Telepon Hotel, PHRI DIY: Hati-hati!

Konsumen alami kerugian hingga jutaan rupiah

Intinya Sih...

  • PHRI DIY melaporkan penipuan dengan modus mengganti nomor hotel di Google Maps, terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.
  • Konsumen mengalami kerugian hingga Rp5 juta, dengan kasus yang sudah terjadi di Surabaya, Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.
  • Pengurus PHRI berkoordinasi dengan BPP PHRI dan melaporkan kejadian ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Yogyakarta, IDN Times – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PHRI DIY), Deddy Pranowo Eryono menyebut terjadi penipuan dengan modus mengganti nomor hotel di Google Maps, di sejumlah wilayah di Indonesia. 
 
Peretasan dilakukan lewat Google, melalui Google Maps, diganti nomor pelaku. Kejadian ini kami khawatirkan merugikan konsumen,” ujar Deddy, Selasa (13/8/2024).

1. Kerugian konsumen dari ratusan ribu hingga jutaan

Modus Penipuan Mengganti Nomor Telepon Hotel, PHRI DIY: Hati-hati!Ilustrasi uang rupiah (pixabay)

Deddy menyebut kejadian ini terjadi di beberapa hotel di Indonesia. Bahkan konsumen mengalami kerugian hingga Rp5 juta.

“Sudah ada yang DP Rp400 ribu hingga Rp5 juta, bukti transfer sudah disampaikan. Kalau beberapa wilayah di Indonesia, kejadian sudah ada di Surabaya, Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, sudah ada korban,” ungkap Deddy.

2. Wilayah DIY belum ada kejadian

Modus Penipuan Mengganti Nomor Telepon Hotel, PHRI DIY: Hati-hati!Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Deddy mengungkapkan untuk wilayah DIY, belum terdapat laporan, namun pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk waspada dengan memastikan nomor telepon hotel.
 
“Jogja belum ada laporan, tapi penipuan ini masif di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami minta masyarakat waspada. Untuk booking bisa menghubungi nomor telepon biasa dengan kode wilayah itu. Kami beritahukan teman-teman hotel, juga untuk sosialisasi. Tidak melalui WhatsApp dulu,” ucap Deddy.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Pelaku Industri Pariwisata di Jogja Menjerit

3. PHRI serahkan ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim

Modus Penipuan Mengganti Nomor Telepon Hotel, PHRI DIY: Hati-hati!foto hanya ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejumlah pengurus PHRI di wilayah sudah berkoordinasi dengan Badan Pengurus Pusat (BPP) PHRI. Pihak BPP PHRI melaporkan kejadian ini ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.
 
“Tidak dari daerah-daerah melapor, tapi langsung dari pusat, karena hampir seluruh daerah di Indonesia,” kata Deddy.  

Baca Juga: 3 Lokasi Syuting Musik Video Gala Bunga Matahari di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya