Menparekraf Optimis Tahun Ini Indonesia Kedatangan 10 Juta Wisman  

Hingga Juni 2023 capai 50 persen lebih

Sleman, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno optimis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia bisa mencapai 10 juta orang. Capaian hingga Juni 2023, tercatat telah mencapai 50 persen lebih.

Sandi mengatakan pada awal tahun 2023, Presiden RI, Joko Widodo memberikan target jumlah kunjungan wisman dari 7,4 juta menjadi 8,5 juta. "Awalnya sangat khawatir untuk mencapai 8,5 juta, namun per Juni 2023 Alhamdulillah angka 5,2 juta," ujar Sandi, saat membuka membuka Rakernas ASITA IV, di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Selasa (29/8/2023).

1. Optimis penuhi target 10 juta wisatawan

Menparekraf Optimis Tahun Ini Indonesia Kedatangan 10 Juta Wisman  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sandi optimis hingga akhir tahun 2023, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia akan melebihi target yang diberikan Presiden Jokowi. Dikatakannya untuk mencapai itu perlu dukungan berbagai pihak, termasuk Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita)

"Kami berikan arahan ke industri akan menembus 10 juta wisatawan mancanegara di akhir tahun. Kami ucapkan terima kasih untuk seluruh bantuannya," ujar Sandi.

2. Pergerakan wisatawan nusantara masih belum sesuai harapan

Menparekraf Optimis Tahun Ini Indonesia Kedatangan 10 Juta Wisman  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sandi menyebut yang menjadi tantangan saat ini adalah mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Pasalnya hingga saat ini pergerakan wisnus masih cukup jauh dari target.

"Kami ditarget 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, namun per hari ini, wisatawan nusantara kita masih di bawah angka 500 juta. Maka itu kita perlu bergandengan tangan memanfaatkan momen liburan kedepan untuk wisatawan nusantara," ujar Sandi.

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Jogja dengan Vibes Rumah, Bikin Kangen Pulang

3. DIY bisa menjadi inspirasi mendatangkan wisatawan

Menparekraf Optimis Tahun Ini Indonesia Kedatangan 10 Juta Wisman  Ilustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sandi menyinggung Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa menjadi inspirasi daerah lain, karena selalu menawarkan variasi wisata baru. Dicontohkan tahun lalu wisata Nglanggeran menjadi destinasi wisata terbaik UNWTO.

"Kali ini melihat produk yang layak ditawarkan Wukirsari, ada di Kulon Progo desa wisata Argotirto, di Jogja ada kampung wisata Purbayan dan beberapa produk wisata lainnya berbasis budaya, sejarah, maupun alam," kata Sandi.

Baca Juga: 4 Hidden Gem Kafe di Jogja Suasana Alam Pedesaan, Sejuk Maksimal

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya