Massa Aksi Jogja Memanggil Lempar Foto Jokowi dengan Telur Mentah

Bentangkan poster kerajaan masapahit

Intinya Sih...

  • Massa aksi Jogja Memanggil melempar foto Jokowi dengan telur mentah di Depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.
  • Teriakan meyerukan ganyang Jokowi juga dilakukan, ditujukan sebagai wujud kekecewaan terhadap pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
  • Perwakilan massa aksi, Reformati mengatakan aksi yang dilakukan berasal dari masyarakat sipil yang merasa kecewa akan Presiden dan DPR.

Yogyakarta, IDN Times - Massa aksi Jogja Memanggil melempar foto Jokowi dengan telur mentah di Depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (22/8/2024).

Teriakan meyerukan ganyang Jokowi juga dilakukan, ditujukan sebagai wujud kekecewaan terhadap pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

1. Bentangkan poster kerajaan masapahit

Massa Aksi Jogja Memanggil Lempar Foto Jokowi dengan Telur MentahMassa aksi Jogja Memanggil juga sempat menggelar teatrikal di depan Gedung Agung Yogyakarta. Mereka melempar foto Jokowi dan keluarga dengan telur. (IDNTimes/Herlambang Jati)

Massa aksi yang menggelar teatrikal di depan Gedung Agung Yogyakarta, juga membentangkan spanduk dengan tulisan Kerajaan Masapahit. Benerapa orang juga memakai topeng babi.

2. Proses demokrasi telah dirusak

Massa Aksi Jogja Memanggil Lempar Foto Jokowi dengan Telur MentahGabungan elemen masyarakat menggelar aksi Jogja Memanggil, di Yogyakarta, Kamis (22/8/2024). Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur. (IDNTimes/Herlambang Jati)

Perwakilan massa aksi, Reformati mengatakan aksi yang dilakukan berasal dari masyarakat sipil yang merasa kecewa akan Presiden dan DPR.

“Proses politik dirusak sebagian elite. Bukan hanya respon terhadap Pilkada, tapi demokrasi sejak Pilpres kemarin dan Pilkada mendatang, ujar Reformati.

 

Baca Juga: Darurat Demokrasi Dosen UGM Menyatakan 5 Sikap, Ini Isinya

3. Ajak terus mengawal pemerintahan

Massa Aksi Jogja Memanggil Lempar Foto Jokowi dengan Telur MentahMassa aksi Jogja Memanggil juga sempat menggelar teatrikal di depan Gedung Agung Yogyakarta. Mereka melempar foto Jokowi dan keluarga dengan telur. (IDNTimes/Herlambang Jati)

Reformati bahwa demokrasi perlu dihadapi dengan cara yang benar. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak lengah. “Punya pengalaman panjang, banyak politisi main tarik ulur. Seolah-olah mengakokodir rakyat, namun secara tiba-tiba memutuskan sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Pesan Sri Sultan HB X Terkait Aksi Jogja Memanggil

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya