Mandiri Jogja Marathon, Promosikan Hidup Sehat dan Budaya Jogja

8 ribu peserta dari berbagai negara ikut berpartisipasi

Yogyakarta, IDN Times - Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024 digelar kembali pada 30 Juni 2024 di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta. MJM 2024 tidak hanya menawarkan pengalaman olahraga yang meriah tetapi juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman, menjelaskan MJM 2024 akan mempertandingkan empat kategori yakni Marathon (42,195 Km), Half Marathon (21 Km), 10 Km, dan 5 Km (Fun Run). Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017, MJM telah menjadi platform untuk mempromosikan gaya hidup sehat sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Yogyakarta.

1. Jaring 8 ribu peserta dari sejumlah negara

Mandiri Jogja Marathon, Promosikan Hidup Sehat dan Budaya JogjaJumpa pers Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut, Teuku Ali Usman, pada tahun keenam ini, Bank Mandiri telah menjaring partisipasi sekitar 8 ribu pelari dari berbagai negara termasuk Kenya, China, Jepang, Australia, Prancis, Amerika Serikat, dan Malaysia.

“Besarnya tingkat partisipasi ini, diharapkan dapat kembali meningkatkan pertumbuhan belanja masyarakat di kawasan Yogyakarta,” katanya dalam konferensi pers MJM 2024 di Yogyakarta, Kamis (27/6/2024).

Teuku Ali Usman menjelaskan merujuk data Mandiri Institute, pelaksanaan MJM dalam dua tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan dalam belanja masyarakat selama akhir pekan acara. “Pada MJM 2022, pertumbuhan belanja meningkat dari rata-rata 17 persen menjadi 20 persen, sementara pada MJM 2023, lonjakan lebih tinggi terjadi dengan peningkatan dari 16,1 persen menjadi 28,5 persen,” ujarnya.

2. MJM diharapkan beri kontribusi positif

Mandiri Jogja Marathon, Promosikan Hidup Sehat dan Budaya JogjaCandi Prambanan (unsplash.com/Eugenia Clara)


Ali berharap kegiatan MJM 2024 dapat kembali memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di wilayah Jogja dan sekitarnya. Ia memperkirakan nilai volume transaksi acquiring business diproyeksikan mampu tumbuh hingga 21 persen dibandingkan periode Mei 2024. “Hal ini menunjukkan bahwa MJM tidak hanya menarik peserta tetapi juga meningkatkan aktivitas ekonomi lokal khususnya pelaku UMKM secara substansial,” ujar Ali.

Ali menambahkan bahwa MJM kini menerapkan konsep zero waste to landfill melalui kerja sama dengan rekosistem untuk mendaur ulang sampah.

Selain itu, juga menyediakan future energy box yang terdiri dari refreshment area, green energy zone, dan education center untuk meningkatkan kesadaran hemat energi. Di Race Village, juga terdapat 4 unit solar charging station untuk smartphone guna mendukung pengurangan emisi karbon.

Selaras dengan semangat berkelanjutan di MJM 2024, Bank Mandiri juga menyediakan Drop Box sepatu bekas layak pakai di lokasi Race Pack Collection, Hotel Ambarukmo pada 27 - 29 Juni 2024. “Sepatu-sepatu bekas yang terkumpul akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, Bank Mandiri berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan komunitas sekitar,” terang Ali.

Baca Juga: Sejarah Gelaran Prambanan Jazz, Datangkan Kenny G hingga Rugi         

3. Dukung kebudayaan dan ekonomi lokal

Mandiri Jogja Marathon, Promosikan Hidup Sehat dan Budaya JogjaKepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengungkapkan pihaknya telah melibatkan pedagang UMKM lokal untuk meramaikan acara, memperkenalkan kembali kearifan lokal Yogyakarta kepada peserta dan wisatawan.

“Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton, dan pihak-pihak lainnya agar ikut serta dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini,” terang Singgih.

Kolaborasi juga dilakukan dengan berbagai elemen masyarakat termasuk sekolah, sanggar seni, dan UMKM. Peserta juga dapat menikmati wisata kuliner di Race Village dengan kemudahan transaksi non-tunai Bank Mandiri.

Panggung utama MJM 2024 yang terletak di kawasan Candi Prambanan ini, akan dimeriahkan oleh ragam seniman dan artis papan atas, ada Happy Asmara, Feel Koplo dan musisi lokal kebanggaan Yogyakarta yang siap menghibur para peserta MJM 2024.

Baca Juga: Museum Biologi UGM, Wisata Edukasi di Tengah Kota Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya