Mahfud MD Absen HUT Ke-51 PDI Perjuangan: Ada Tugas Lain

Agenda HUT PDIP digelar di berbagai daerah

Yogyakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, absen dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan, di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan Rabu (10/1/2024). Mahfud MD menyebut mendapat tugas lain.

"Enggak, saya sudah mohon izin karena saya ada tugas untuk PDIP juga," ungkap Mahfud MD ditemui di Pura Pakualaman.

1. Agenda PDIP di berbagai daerah

Mahfud MD Absen HUT Ke-51 PDI Perjuangan: Ada Tugas LainKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam acara HUT ke-51 PDIP. (youtube.com/PDI Perjuangan)

Mahfud MD mengatakan ulang tahun PDIP saat ini juga digelar di berbagai daerah. Tidak hanya di satu lokasi saja.

"PDIP juga sekarang hari ulang tahunnya juga berpencar ke daerah-daerah yang lain," kata Mahfud MD.

2. 51 tamu VIP

Mahfud MD Absen HUT Ke-51 PDI Perjuangan: Ada Tugas LainHUT ke-51 PDIP (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, ada 51 tamu undangan VIP dalam acara tersebut.

"Sehingga yang diundang nanti hanya 51 orang sesuai dengan usia PDIP," ujar Hasto dalam konferensi pers di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (8/1/2024).

Hasto mengatakan, HUT ke-51 PDIP mengusung tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang'. Dia kemudian menjelaskan alasan perayaan HUT ke-51 digelar di Sekolah Partai.

"Sekolah partai merupakan tempat untuk mendidik kader-kader partai yang punya moralitas dan etika politik yang baik, memiliki komitmen kerakyatan menjadikan falsafah Pancasila dengan komitmen pembebasan nasib wong cilik terus menerus di perjuangkan oleh seluruh kader partai, juga menunjukkan tempat tersebut digembleng kader PDIP pemahaman ideologi yang kuat, pemahaman organisasi politik, kesadaran terhadap lingkungan, kesadaran terhadap jati diri PDI Perjuangan yang berasal dari rakyat," kata dia

Baca Juga: Jokowi Minta Format Debat Lebih Baik, Mahfud MD: Terserah KPU

3. Jokowi juga tidak hadiri HUT PDIP

Mahfud MD Absen HUT Ke-51 PDI Perjuangan: Ada Tugas LainHUT ke-51 PDIP (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Diketahui juga Presiden Joko "Jokowi" Widodo dipastikan tak hadir pada HUT ke-51 PDI Perjuangan. Sebab, Jokowi tengah berkunjung ke Filipina.

"Juru Bicara Bapak Presiden Jokowi sudah menyebutkan bahwa beliau akan menjalankan tugas kenegaraan ke Filipina. Tugas kenegaraan kan untuk kepentingan bangsa dan negara, untuk kepentingan rakyat, partai juga berjuang untuk kepentingan rakyat," kata Hasto.

Meski demikian, Hasto tak menegaskan secara rinci apakah PDI Perjuangan tetap mengirimkan surat undangan untuk Jokowi atau tidak.

"Ketika ada pihak Juru Bicara Presiden Jokowi sudah menyatakan beliau akan tugas ke Filipina, ke luar negeri, itu kan tugas yang sangat penting, masa kemudian kami ngotot, kan gitu," imbuhnya.

Baca Juga: Mahfud MD Hadiri Dhaup Ageng Pura Pakualaman: Sarat Tradisi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya