Libur Lebaran Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Capai 134 Ribu

Kemudahan akses tol Jogja-Solo tingkatkan kunjungan

Sleman, IDN Times - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) memprediksi Candi Prambanan menjadi destinasi paling banyak dikunjungi, di antara destinasi yang dikelola PT TWC lainnya selama masa libur Lebaran. Kemudahan akses dengan Tol Fungsional Jogja - Solo dinilai menjadi salah satu faktornya.

Candi Prambanan diprediksi selama masa libur Lebaran, diperkirakan bakal didatangi sebanyak 134 ribu pengunjung. Puncak kunjungan diprediksi pada 11 -14 April 2024.

1. Tol Jogja-Solo permudah akses wisatawan

Libur Lebaran Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Capai 134 RibuTol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Prediksi melonjaknya jumlah kunjungan tahun ini, disebabkan posisi candi yang searah dengan pintu tol Jogja-Solo yang telah secara fungsional untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran. Hal ini memudahkan wisatawan untuk mengakses destinasi cagar budaya ini.

"Menurut Survei Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi, ada sekitar 11 juta pemudik yang datang ke wilayah DIY. Belum jutaan pemudik yang bakal ke Jawa Tengah. Kita perkirakan 5-10 persennya berlibur ke candi, yang berada di destinasi sepanjang jalur mudik di Jawa Tengah dan Jogja," jelas Direktur Utama Injourney Destination Management, Febrina Intan di Yogyakarta, Kamis (4/4/2024).

2. Jumlah wisatawan meningkat 80 ribu dibanding tahun lalu

Libur Lebaran Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Capai 134 RibuGeneral Manager TWC Prambanan & Ratu Boko, I Gusti Putu Ngurah Sedana. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Senada, General Manager TWC Prambanan & Ratu Boko, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Jasa Marga serta instansi terkait lainnya untuk menghadapi lonjakan wisatawan.

"Tahun ini kan target 134 ribu untuk Candi Prambanan. Kemudian 9.500 untuk Ratu Boko. Sangat luar biasa lonjakan (dibanding tahun lalu) sekitar 80 ribu," ujar Putu.

Baca Juga: Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Diklaim Aman Dilalui saat Mudik 2024

3. Lonjakan wisatawan picu perputaran ekonomi

Libur Lebaran Wisatawan ke Candi Prambanan Diprediksi Capai 134 Ribuilustrasi uang rupiah (Pixabay.com/Nuril Anwar)

Putu menerangkan dibanding hari biasa dengan jumlah kunjungan 6 ribu hingga 9 ribu  per hari saat weekday, dan 12 ribu saat weekend, jumlah kunjungan per hari masa libur Lebaran meningkat menjadi 10 ribu-12 ribu per hari.

"Saat puncak kunjungan bisa mencapai 22 ribu wisatawan per harinya. Perputaran ekonomi (meningkat), kita punya kios 460 kurang lebih, besar sekali. Kami juga hadirkan berbagai aktivitas lainnya," ucap Putu.

Baca Juga: Jumlah Keterisian Buka Bersama di Hotel Jogja Menurun, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya