Konsumsi BBM di DIY-Jateng Meningkat Tajam Saat Arus Mudik-Balik

Konsumsi avtur juga meningkat

Intinya Sih...

  • Konsumsi BBM Gasoline di Jateng dan DIY meningkat saat libur Lebaran, mencapai 21.533 kl pada 9/4/2024.
  • Puncak konsumsi Gasoline di Jateng & DIY terjadi pada H-1 Lebaran, sementara di ruas tol terjadi pada H+3 & H+4.
  • Tren konsumsi avtur untuk penerbangan naik hingga 120% dari rerata harian di Bandara Yogyakarta, Kulonprogo.

Yogyakarta, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah mencatat konsumsi BBM jenis Gasoline di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada momen libur Lebaran tertinggi pada Selasa (9/4/2024). Jumlah konsumsi BBM pada hari tersebut mencapai 21.533 kiloliter.

"Angka konsumsi tersebut (pada puncak) lebih tinggi sekitar 68 persen, dari rerata konsumsi normal harian di Jateng dan DIY yaitu 12.824 kl/hari," ucap Area Manager Communcation, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Selasa (16/4/2024).

Saat puncak arus balik sendiri atau pada 13 April 2024 jumlah konsumsi Gasoline di Jateng dan DIY mengalami kenaikan sekitar 48 persen dibanding rerata konsumsi normal harian. Adapun konsumsi BBM jenis Gasoline pada 13 April 2024 tersebut 18.955 kl.

1. Konsumsi BBM di ruas tol

Konsumsi BBM di DIY-Jateng Meningkat Tajam Saat Arus Mudik-BalikIlustrasi SPBU. (Dok. Istimewa)

Brasto juga menyoroti untuk ruas tol. Konsumsi BBM tertinggi di ruas Tol Trans Jawa terjadi pada H-2 lebaran atau Senin (8/4/2024). Secara wilayah Jateng dan DIY justru puncak konsumsi di H-1 atau 9 April 2024.

"Kemudian di puncak arus balik, konsumsi puncaknya Jateng dan DIY terjadi di H+3, atau 13 April 2024, namun konsumsi puncaknya di ruas tol terjadi di ruas tol trans Jawa terjadi di H+4 atau 14 April 2024," ungkap Brasto.

2. Konsumsi avtur selama arus mudik dan balik

Konsumsi BBM di DIY-Jateng Meningkat Tajam Saat Arus Mudik-BalikPengisian avtur. (Dok. Istimewa)

Tren konsumsi avtur untuk penerbangan di bandara wilayah Jawa Tengah dan DIY terjadi di H-5 lebaran atau Jumat (5/4/2024) naik hingga 120 persen dari rerata konsumsi harian. Untuk arus balik terjadi di H+5 lebaran atau Senin (15/4/2024) yang naik hingga 48 persen.

"Konsumsi terbesar di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo," ucap Brasto.

Baca Juga: Libur Lebaran, Kendaraan Keluar DIY Lebih Banyak Dibanding yang Masuk

3. Layanan motoris pertamina

Konsumsi BBM di DIY-Jateng Meningkat Tajam Saat Arus Mudik-BalikArea Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Adapun untuk selama masa arus mudik dan arus balik lebaran 2024, layanan tambahan pengisian BBM di ruas tol menggunakan motoris, Brasto mengungkapkan sebaran konsumen yang dilayani oleh Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah sebanyak 52 konsumen.

"8 dari 52 konsumen yang memanfaatkan layanan motoris kami berada di titik jalur wisata, sisanya didominasi dari rest area sekitar tol trans jawa yang didominasi oleh pembelian Pertamax di rest area KM 456A Salatiga," jelas Brasto.

Baca Juga: PHRI DIY Ungkap Penyebab Turunnya Okupansi Hotel di Libur Lebaran 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya