Ketum PP Muhammadiyah: Kemungkinan Besar Lebaran Berbarengan

Jika ada perbedaan bukan jadi masalah

Intinya Sih...

  • Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, memprediksi hari raya Lebaran tahun ini antara pemerintah dan Muhammadiyah akan berbarengan.
  • Haedar meminta umat muslim bisa menyikapi dengan bijak jika nanti Idulfitri tidak berbarengan, lebih memaknai bulan Ramadan.
  • Haedar menilai pemerintah harus bisa mengambil peran penting dalam mengayomi masyarakat Indonesia yang majemuk, sehingga perbedaan bukan menjadi masalah.

Sleman, IDN Times - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, memprediksi hari raya Lebaran tahun ini antara pemerintah dan Muhammadiyah akan berbarengan. Jika pun berbeda nantinya, ia berpesan agar bisa menyikapi dengan bijak.

"Untuk Idul Fitri, dari hasil kajian dan pengumpulan informasi, sama (berbarengan). Jadi kemungkinan berbeda itu tipis," ujar Haedar ditemui di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis (21/3/2024).

1. Jika tidak berbarengan bukan jadi masalah

Ketum PP Muhammadiyah: Kemungkinan Besar Lebaran Berbarenganilustrasi ramadan (pixabay.com/jhon1cse)

Haedar juga berpesan jika pun nanti Idulfitri tidak berbarengan, ia meminta umat muslim bisa menyikapi dengan bijak. Ia meminta umat untuk lebih memaknai bulan Ramadan ini.

"Untuk mematangkan dan mencerahkan pribadi kita, perilaku kita, sikap kita, pikiran kita. Sehingga membawa pencerahan didalam kehidupan umat dan negara," pesan Haedar.

2. Pemerintah harus bisa mengayomi semua masyarakat

Ketum PP Muhammadiyah: Kemungkinan Besar Lebaran BerbarenganIlustrasi Ramadan (IDN Times/Sukma Shakti)

Haedar menilai pemerintah harus bisa mengambil peran penting. Jika pemerintah bisa mengayomi masyarakat Indonesia yang majemuk, perbedaan bukan menjadi masalah.

"Saya pikir masalah itu tidak akan jadi problematik ketika pemerintah sendiri ngayomi semua pihak, baik ketika sama, lebih-lebih ketika berbeda," ujar Haedar.

Baca Juga: Baznas DIY Salurkan Ribuan Paket Ramadan ke Honorer hingga Marbot

3. Idulfitri jatuh pada 10 April 2024

Ketum PP Muhammadiyah: Kemungkinan Besar Lebaran BerbarenganKetua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sebelumnya, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1445 bertepatan pada hari Rabu, 10 April 2024 mendatang. "Nah, Idul Fitri 1 Syawal itu dimulai pada tanggal 10 April 2024," kata Haedar.

Tinggi bulan saat matahari tenggelam tanggal 9 April 2024 di Yogyakarta (¢=-07° 48' LS dan l = 110° 21' BT ) = +06° 08' 28" (hilal sudah wujud), dan di wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam bulan berada di atas ufuk.

Baca Juga: Muhammadiyah Puasa Ramadan Hari Ini, Ini Jadwal Imsakiyah Wilayah DIY

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya