Kecelakaan KA Turangga, Daop 6 Jogja Lakukan Rekayasa Pola Operasi

Proses evakuasi berjalan

Yogyakarta, IDN Times - Terjadi kecelakaan Kereta Api di Petak Jalan Haurpugur – Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). KAI menyebut beberapa kereta api tujuan ke arah Bandung dan keberangkatan dari arah Bandung akan dilakukan rekayasa pola operasi.

"Rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain menyusul peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung dan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur–Stasiun Cicalengka pada Jumat 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro.

1. Evakuasi dua rangkaian kereta api

Kecelakaan KA Turangga, Daop 6 Jogja Lakukan Rekayasa Pola OperasiKecelakaan KA Turangga (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Jalur rel antara Haurpugur–Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut.

"Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan," kata Krisbiyantoro.

2. KA yang memutar dari arah Bandung dan menuju Bandung

Kecelakaan KA Turangga, Daop 6 Jogja Lakukan Rekayasa Pola OperasiStasiun Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Untuk sementara, beberapa KA yang memutar per jam 09.00 WIB dari arah Bandung, yaitu Lodaya keberangkatan Stasiun Bandung pukul 06.55 WIB, Argo Wilis keberangkatan Stasiun Bandung pukul 07.40 WIB, Pasundan keberangkatan Stasiun Kiaracondong pukul 10.15 WIB, dan Lodaya Tambahan keberangkatan Stasiun Bandung pukul 10.20 WIB.

Menuju arah Bandung, yaitu Lodaya keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 08.11 WIB, Lodaya tambahan keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 10.03 WIB, Argo Wilis keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 12.00 WIB, dan Pasundan keberangkatan Stasiun Lempuyangan pukul 06.55 WIB.

Baca Juga: Imbas Kecelakaan KA Turangga, KAI Batalkan 9 Perjalanan Kereta

3. Pelanggan boleh membatalkan perjalanan

Kecelakaan KA Turangga, Daop 6 Jogja Lakukan Rekayasa Pola OperasiPenumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Krisbiyantoro mengatakan pelanggan diperbolehkan membatalkan perjalanannya dengan pengembalian bea 100 persen. Untuk pelanggan KA apabila ingin melanjutkan perjalanan tujuan Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, KAI untuk sementara juga menyediakan bus untuk overstapen di Kroya.

"Kami mengharapkan doa dari masyarakat agar proses evakuasi berjalan dengan lancar dan perjalanan KA kembali normal," ujar Krisbiyantoro.

KAI juga mekinta maaf atas kejadian ini. Sebagai upaya untuk turut membantu proses evakuasi, Daop 6 Yogyakarta juga mengirimkan bantuan berupa rangkaian Crane berbasis rel. KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Baca Juga: Humas Polda Jabar: Korban Meninggal Tabrakan KA Turangga Jadi 4 Orang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya