Kampus Kritik Jokowi, Cak Imin: Peringatan Keras untuk Semua

Kritik yang ada harus diperjuangkan

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah Perguruan Tinggi menggelar aksi mengkritisi sikap Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 beberapa waktu terakhir. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut seruan dari sivitas akademika ini sebagai peringatan keras untuk memperbaiki diri.

"Ini warning buat kita semua. Hendaknya kita tanggapi dengan memperbaiki diri," ujar Cak Imin seusai acara Slepet Imin, di AMIKOM Yogyakarta, Senin (5/2/2024).

1. Peringatan keras untuk semua

Kampus Kritik Jokowi, Cak Imin: Peringatan Keras untuk SemuaCalon Wakil Preaiden (Cawapres) nomor urut 01, Muhaimin Iskandar, saat acara Slepet Imin, di AMIKOM Yogyakarta, Senin (5/2/2024). (IDNTimes/Herlambang Jati)

Cak Imin mengaku kritik dari berbagai kampus yang ditujukan pada Presiden Jokowi di luar dugaannya. Menurutnya ini merupakan peringatan keras untuk semua.

"Saya termasuk terkaget-kaget ada pelanggaran etika terjadi, ada dihukum, artinya kalau kekuasaan mau menutup-nutupi bisa aja tho, tapi ga bisa ditutupi. Sehingga terjadi reaksi yang menurut saya ini peringatan keras buat kita semua, termasuk pemerintah, presiden, kita semua partai-partai," kata Cak Imin.

2. Kritik tersebut harus diperjuangkan

Kampus Kritik Jokowi, Cak Imin: Peringatan Keras untuk SemuaSeruan Moral Kalijaga di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Sleman, Senin (5/2/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Cak Imin menyebut peringatan tersebut jika tidak diperjuangkan bisa menjadi bumerang untuk bangsa ini. Dia menilai para intelektual, guru besar, para pemikir, ilmuwan jika sudah terjun berarti sudah dengan pertimbangan yang matang.

"Bahkan siapa sih yang gak takut karier, siapa sih yang gak takut dengan ancaman, tapi kali ini kok merata dari kampus-kampus ternama. Bahkan mantan Dirjen, Guru Besar yang sangat berpengaruh getol, dan tidak pandang bulu," kata Cak Imin.

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Cak Imin: Tipu-tipu

3. Sejumlah kritik muncul dari kampus

Kampus Kritik Jokowi, Cak Imin: Peringatan Keras untuk SemuaSivitas akademika UGM yang terdiri dari guru besar, dosen, mahasiswa dan alumni membacakan Petisi Bulaksumur di Balairung UGM, Rabu (31/1/2024), (Dok. Humas UGM)

Diketahui sejumlah kampus mengeluarkan kritik terhadap Presiden Jokowi yang dinilai oleh sivitas akademika kearah tidak netral. Dimulai dari sivitas akademika almamater Jokowi sendiri yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selanjutnya muncul juga kritik terhadap Jokowi dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan sejumlah kampus lainnya.

Baca Juga: Seruan Moral Kalijaga, Desak Jokowi Menjadi Teladan Etik

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya