Jokowi Ngaku Kagumi Aktivitas Mahasiswa UNU, Buat Robot hingga Saham

Jokowi harapkan UNU bisa menjadi lokomotif pendidikan

Sleman, IDN Times - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan gedung baru Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Gamping, Rabu (31/1/2024). Jokowi mengharapkan agar UNU Yogyakarta bisa menjadi lokomotif kemajuan pendidikan.

"UNU Yogyakarta tidak boleh hanya bangga pada gedungnya, yang utama bangga pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Bangga terhadap pendidikan unggulnya, mencetak intelektual Nahdliyin yang kompetitif di dunia profesional," ucap Jokowi.

 

1. Jokowi kagum dengan yang dipelajari oleh mahasiswa UNU

Jokowi Ngaku Kagumi Aktivitas Mahasiswa UNU, Buat Robot hingga SahamPresiden RI, Joko Jokowi Widodo meresmikan gedung baru Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta di Gamping, Rabu (31/1/2024). (IDNTimes/Herlambang Jati)

Dalam sambutannya, Jokowi juga menceritakan aktivitas di kampus UNU Yogyakarta. Ia kagum dengan apa yang dipelajari para mahasiswa di kampus UNU Yogyakarta.

"Tadi saya melihat, ada yang belajar mengenai robotik, waduh, belok ke kanan belajar bitcoin apalagi itu, belok ke sebelah kiri lagi ada yang belajar mengenai reksa dana saham dan investasi. Ini kan betul-betul sebuah lompatan, juga belajar mengenai Artificial Intelligence," ungkap Jokowi.

2. Akan dibangun MBZ College for Future Studies

Jokowi Ngaku Kagumi Aktivitas Mahasiswa UNU, Buat Robot hingga SahamPos satpam UNU Yogyakarta yang dibuat menggunakan teknolodi 3DCP (autoconz.com/Autoconz)

Jokowi menyebut selain gedung sembilan lantai yang diresmikan hari ini, akan dibangun MBZ College for Future Studies. Bangunan tersebut didukung oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

"Nanti di samping gedung ini (gedung baru UNU) akan dibangun gedung lagi, juga setinggi sembilan lantai lagi, lagi karena NU itu sembilan bintang. Dan yang lebih penting dari gedung menurut saya bantuan beasiswa dan dosen untuk riset," ungkap Jokowi.

 

Baca Juga: Jokowi Cerita Pembangunan Kampus UNU: Dimulai Ngobrol dengan Sultan

3. MBZ College for Future Studies bagian penting menyambut masa depan

Jokowi Ngaku Kagumi Aktivitas Mahasiswa UNU, Buat Robot hingga SahamWisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Gamping, (21/12/2023). (Dok. Istimewa)

MBZ College for Future Studies akan menjadi tempat belajar berbagai hal untuk kemajuan masyarakat masa depan, menyangkut bioteknologi, AI dan lain sebagainya. Menurut Jokowi ilmu ini saat ini menjadi hal penting.

"Universitas-universita besar di Indonesia saja belum tentu mempunyai memiliki program studi baru, tapi UNU milik PBNU telah melakukan terobosan besar. Oleh karena itu hari ini juga diadakan kick off pembangunan MBZ College for Future Studies sekolah pasca sarjana dengan fokus kajian masa depan, sebagai inisiatif kunci untuk menunjukkan kesiapan kita menyongsong masa depan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ngopi di Plaza Malioboro, Ngajak Pak Bas dan Pak Budi Gunadi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya