Jogja Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Asean (ATF) 2023

JEC dan Candi Prambanan menjadi lokasi gelaran ATF 2023

Yogyakarta, IDN Times - ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi peluang investasi dan ajang promosi bagi pariwisata di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebagai tuan rumah. Gelaran ini akan dilaksanakan pada Kamis (2/2/2023) - Minggu (5/2/2023).

DIY yang mengandalkan sektor pariwisata mengalami dampak besar, dua tahun terakhir, akibat pandemi Covid-19. Event ATF 2023 diharapkan mampu mendongkrak sektor ekonomi masyarakat.

1. Kesempatan mengenalkan produk pariwisata di Jogja

Jogja Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Asean (ATF) 2023Pengecekan lokasi ATF. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Pada ATF 2023 nanti para menteri pariwisata negara-negara ASEAN ditambah lima negara lainnya, akan bertemu membahas isu-isu kepariwisataan. ditambah ribuan seller maupun buyer pada penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange).

“Ini kesempatan baik bagi pengenalan produk pariwisata Jogja setelah pandemik. Tentu ada perubahan tren pariwisata usai pandemik, sehingga kami sendiri tidak akan menghitung soal jumlah, tapi lebih ke dampak yang akan ditimbulkan dari penyelenggaraan ATF ini,” kata Singgih, Senin (9/1/2023).

2. Jogja Expo Center (JEC) dan Candi Prambanan akan menjadi lokasi ATF 2023

Jogja Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Asean (ATF) 2023Pengecekan lokasi ATF. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Singgih mengingatkan semua pihak, sebagai ajang promosi dan investasi pariwisata DIY ke depan, penyelenggaraan ATF ini juga merupakan kerja bersama, diperlukan kolaborasi guna menyukseskan pelaksanaan ATF 2023.

"ATF menjadi ajang bagi negara-negara ASEAN dan lima negara lainnya yang turut serta, untuk membicarakan bagaimana dunia pariwisata di negara-negara ini lebih berkualitas. Selain itu, juga membicarakan langkah antisipasi dalam menghadapi isu-isu global yang disulit diprediksi,” imbuhnya.

Terkait persiapan jelang ATF, Singgih mengungkapkan pada minggu ketiga Januari 2023,  semua persiapan, termasuk sarana prasarana ditargetkan selesai dikerjakan, utamanya untuk JEC yang baru direnovasi setelah 20 tahun.

"Persiapan acara pembukaan ATF 2023 di Candi Prambanan telah dipastikan langsung oleh Menparekraf RI. Rencananya, saat pembukaan nanti langsung dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo. Sehingga persiapan tentu harus baik semuanya,” katanya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Mille Crepes di Jogja, Harga Mulai Rp18 Ribuan

Baca Juga: 9 Donat Kekinian di Jogja, Lezat dengan Beragam Topping

3. Jogja memiliki kelengkapan infrastruktur

Jogja Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Asean (ATF) 2023Pengecekan lokasi ATF. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno telah meninjau kesiapan penyelenggaraan ATF 2023 pada Minggu (8/1/2023) kemarin. Peninjauan dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan dan infrastruktur di Jogja Expo Centre (JEC) sebagai lokasi penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange) ATF dan Candi Prambanan sebagai lokasi Opening Ceremony of ASEAN Tourism Forum 2023. “Tadi kita sudah lihat infrastruktur Jogja Expo Centre yang sedang direnovasi. Untuk toiletnya sudah bagus, dan semoga untuk keseluruhan bisa selesai sebagaimana yang telah dijadwalkan,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, Jogja memiliki kelengkapan infrastruktur yang luar biasa. Seperti adanya Bandara Yogyakarta International Airport, ketersediaan hotel yang beragam, serta memiliki destinasi unggulan dan destinasi super prioritas Borobudur.

“Agenda ini tentu harapannya dapat menghadirkan wisman (wisatawan mancanegara), dan juga mereka membeli produk-produk ekonomi kreatif Indonesia. Kami juga berharap target kunjungan wisman 7,4 juta tahun 2023 diawali dengan kesuksesannya dari ATF ini,” ungkapnya.

Baca Juga: 15 Tempat Makan Murah di Jogja, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Baca Juga: Jokowi Ajak Cucu ke Candi Prambanan, Promosi Wisata Edukasi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya