Harlah Ke-101 NU, Jokowi Sebut Peran NU Menjaga NKRI

Peran kiai, nyai, hingga santri besar untuk NKRI

Sleman, IDN Times - Presiden RI, Joko 'Jokowi' Widodo menghadiri Harlah ke-101 Nahdlatul Ulama (NU) di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Gamping, Sleman, Rabu (31/1/2024). Jokowi menyinggung soal peran NU menjaga NKRI.

"Atas nama pemerintah dan bangsa, selamat harlah untuk seluruh keluarga besar NU dan sekaligus terima kasih atas komitmen NU untun membela dan menjaga NKRI," ucap Jokowi.

1. Kontribusi besar NU terhadap NKRI

Harlah Ke-101 NU, Jokowi Sebut Peran NU Menjaga NKRIPresiden Jokowi hadir di resepsi peringatan hari lahir (Harlah) ke-101 Nahdlatul Ulama (NU) di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta (Youtube.com/YouTube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama)

Jokowi menyebut NU telah berkontribusi menjaga NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika hingga saat ini. NU memberikan contoh sikap toleran bangsa Indonesia dengan ajaran agama yang moderat.

"Berkat komitmen dan kerja keras dari para kiai, ibu nyai, dan para santri di seluruh Indonesia. Terima kasih mohon terus berkontribusi menjaga keutuhan NKRI sekaligus kemajuan NKRI yang kita cintai," ucap Jokowi.

2. Peresmian gedung baru UNU Yogyakarta dan kick off pembangunan MBZ College of Future Studies

Harlah Ke-101 NU, Jokowi Sebut Peran NU Menjaga NKRIPresiden RI, Joko Jokowi Widodo meresmikan gedung baru Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta di Gamping, Rabu (31/1/2024). (IDNTimes/Herlambang Jati)

Dalam Harlah ke-101, sekaligus dilakukan peresmian gedung baru UNU Yogyakarta. Dari UNU Yogyakarta diharapkan oleh Jokowi dapat menjadi lokomotif kemajuan pendidikan.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini juga dilakukan kick off pembangunan gedung Mohammed Bin Zayed (MBZ) College of Future Studies. Mbz College of Futures Studies diharapkan mampu menjawab tantangan kemajuan di masa depan.

Baca Juga: Jokowi Cerita Pembangunan Kampus UNU: Dimulai Ngobrol dengan Sultan

3. Menteri Energi dan Infrastruktur UEA turut hadir

Harlah Ke-101 NU, Jokowi Sebut Peran NU Menjaga NKRIPresiden RI, Joko Jokowi Widodo meresmikan gedung baru Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta di Gamping, Rabu (31/1/2024). (IDN Times/Herlambang Jati)

Diketahui pada kesempatan tersebut juga hadir, Ketua PBNU, Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA), Suhail Mohammed Al Mazroei. Kemudian, sejumlah Menteri dari Kabinet Indonesia Maju, serta Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca Juga: Jokowi Ngopi di Plaza Malioboro, Ngajak Pak Bas dan Pak Budi Gunadi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya