Gempa Jogja, Ini Rekomendasi BMKG untuk Masyarakat

Waspadai gempa susulan, namun tetap tenang

Yogyakarta, IDN Times - Gempa bumi mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan beberapa daerah lain dengan magnitudo 6,4, Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. Masyarakat diminta tetap tenang tetapi waspada, karena gempa susulan masih mungkin terjadi.

"Gempa susulan masih mungkin akan terjadi," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, saat konferensi pers secara daring.

Masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan signifikan yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada bangunan yang sudah lemah. "Sehingga diimbau untuk tidak menempati bangunan yang secara struktur sudah rusak," kata Dwikorita.

Selain itu, masyarakat perlu waspada dengan kawasan perbukitan dengan tebing curam. "Karena gempa susulan signifikan dapat memicu longsoran, dan runtuhan batu," ujar dia.

Masyarakat juga diminta untuk mengikuti sumber informasi resmi terkait gempa ini. "Masyarakat diminta tidak percaya berita bohong mengenai prediksi gempa yang lebih besar dan akan terjadi tsunami," ujar Dwikorita.

Baca Juga: BMKG Catat 20 Kali Gempa Susulan di Jogja Magnitudo 3,0 hingga 4,2

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya