Film Pocong Gundul Mulai Tayang di Jogja, Diangkat dari Kisah Nyata 

Ada permintaan khusus dari Pocong Gundul

Yogyakarta, IDN Times - Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul diputar perdana di Cinepolis Lippo Plaza Jogja, Rabu (20/9/2023). Kisah ini diangkat dari pengalaman YouTuber Om Hao yang aktif berkomunikasi dengan 'Entitas Walisdi'.

Cerita Pocong Gundul disebut berangkat kisah nyata, Om Hao menyebut kisah ini berawal dari salah satu sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Awalnya 2018 saya sama teman-teman menggali dari satu sekolah di Jogja terkenal dengan kesurupan masal ditulis di thread sosmed," ujar Om Hao, di Lippo Plaza Jogja, Rabu (20/9/2023). Dari situ ada fenomena yang berkaitan dengan entitas hantu yang disebutnya Pocong Gundul.

1. Bertemu dengan sosok pocong yang unik

Film Pocong Gundul Mulai Tayang di Jogja, Diangkat dari Kisah Nyata Om Hao. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

 Om Hao menyebut tidak seperti pocong pada umumnya, sosok Walisdi disebutnya unik. "Waktu ketemu unik, biasanya diiket (pocong), itu dilepas, seperti pakai hoodie. Dari jauh awalnya saya ngelihat," cerita Om Hao.

Om Hao menyebut sosok tersebut mudah untuk diajak komunikasi. Dirinya menyebut entitas tersebut selain mudah diajak mengobrol juga mau untuk digambar dan mudah untuk penelusuran.

"Didukung seneng (sosok pocong gundul). Ibarat kata punya visi misi jangan ikuti dia seperti ini. Punya ilmu hitam meninggal bersekutu dengan setan. Banyak orang mendoakan, semoga," ujar Om Hao.

2. Permintaan khusus dalam makeup

Film Pocong Gundul Mulai Tayang di Jogja, Diangkat dari Kisah Nyata Kisah Tanah Jawa chapter 1 Pocong Gundul (dok. MD Pictures / Kisah Tanah Jawa chapter 1 Pocong Gundul)

Sutradara Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, Awi Suryadi menyebut penggarapan visual film ini mengacu dari buku. Ia kemudian dibantu gambaran dengan diskripsi dari Om Hao. "Bergerak dari yang di buku, tapi waktu syuting perlu improve lagi," ungkapnya.

Awi juga menceritakan sempat menghadapi tantangan saat makeup untuk Pocong Gundul ini. "Pada awalnya saya juga merasa ada yang kurang dari makeup," ujar Awi.

Awi pun menyebut saat Om Hao berkomunikasi dengan Walisdi, sosok tersebut juga merasa kurang pas awalnya. Hingga akhirnya, make up yang 'diminta' sosok tersebut bisa terpenuhi.

Baca Juga: Film Sleep Call Pakai Jasa Intimacy Coordinator, Apa saja Tugasnya?

3. Para pemeran dan permintaan khusus Walisdi

Film Pocong Gundul Mulai Tayang di Jogja, Diangkat dari Kisah Nyata potret pemain Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul (dok. MD Pictures/Kisah Tanah Jawa Chapter 1: Pocong Gundul)

Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, melibatkan Deva Mahendra sebagai Hao, lalu Della Dartyan sebagai Rida. Selain itu ada Iwa K sebagai Walisdi, Nayla Denny sebagai Sari, dan Pritt Timothy sebagai Pak Saman.

Dalam pemutaran perdana di Jogja, ada permintaan khusus dari Walisdi. Sosok tersebut meminta kursi di ujung kiri atas, dan diletakkan kain kafan serta kabur barus.

Baca Juga: 10 Artis Meninggal dengan Tragis di Film dan Series Indonesia 2023

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya