Fakultas Filsafat UGM Dalami Dugaan Kasus Kekerasan Seksual Mahasiswa

Minta para penyintas untuk melapor

Intinya Sih...

  • Mahasiswa Filsafat UGM diduga terlibat kekerasan seksual. Hal ini viral di media sosial.
  • Fakultas Filsafat UGM memanggil terduga pelaku untuk dimintai keterangan dan mengawal kasus tersebut.
  • Pihak fakultas menghimbau para penyintas untuk melapor agar penyelesaian masalah bisa lebih jelas dan terarah.

Sleman, IDN Times - Viral di media sosial, salah seorang mahasiswa Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) disebut melakukan tindakan kekerasan seksual. Pihak Fakultas Filsafat UGM pun telah memanggil terduga pelaku untuk menggali informasi.

"Jadi kemarin dari Fakultas, Pak Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan sudah mengundang mahasiswa yang bersangkutan untuk dimintai keterangan, informasi, dan mendalami kasus itu, tapi ini belum selesai ya pendalaman itu," ujar Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian, Kerjasama, dan Alumni Fakultas Filsafat UGM, Iva Ariani, Selasa (19/3/2024).

1. Pihak Fakultas masih mendalami kasus

Fakultas Filsafat UGM Dalami Dugaan Kasus Kekerasan Seksual MahasiswaKampus UGM. (ugm.ac.id)

Iva menyebut pada prinsipnya Fakultas Filsafat akan terus mengawal dan konsen terhadap kasus semacam ini. Pihak Fakultas sendiri diakui Iva mengetahui masalah ini setelah viral di media sosial, pasalnya hingga saat ini belum ada yang melapor sebagai penyintas.

"Jadi ini setelah muncul di media sosial, kami mendalami masalah itu. Kalau target waktu (penyelesaian) tidak bisa menyampaikan, karena kita juga gak tahu perkembangan seperti apa. Ya mudah-mudahan saja bisa terselesaikan secepatnya, dengan sebaik-baiknya," kata Iva.

2. Para penyintas diharapkan bisa melapor

Fakultas Filsafat UGM Dalami Dugaan Kasus Kekerasan Seksual Mahasiswailustrasi menelepon (unsplash.com/Taylor Grote)

Iva menghimbau jika ada penyintas dari masalah ini untuk bisa melapor. Menurutnya dengan laporan dari para penyintas penyelesaian masalah ini bisa lebih jelas dan terarah. "Kami menghimbau kepada teman-teman mahasiswa kalau memang merasa menjadi penyintas berani speak up, lapor," ungkap Iva.

Iva menyebut para prinsipnya Fakultas Filsafat, UGM, dan seluruh institusi di UGM konsen terhadap penanganan kasus seperti ini. "Sudah banyak sekali kanal-kanal untuk melaporkan di UGM. Ada di tingkat Fakultas ada di tingkat Universitas," ujar Iva.

3. Awal mula munculnya dugaan kekerasan seksual

Fakultas Filsafat UGM Dalami Dugaan Kasus Kekerasan Seksual MahasiswaIlustrasi kekerasan seksual. (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui sebelumnya beredar di media sosial pada akun X @sickandsuffer. Dalam video tersebut tertulis narasi "Pelaku kekerasan/pelecehan seksual atas nama Gabriel (bukan nama asli karena nama aslinya susah disebut) filsafat UGM angkatan 2023, korban 8 orang. Sudah ditindaklanjuti sama anak-anak," tulis akun tersebut.

Dalam unggahan tersebut juga terdapat video pengakuan terduga pelaku. "Maaf atas kelakuan saya yang tidak senonoh yang sudah melakukan kekerasan seksual baik secara verbal maupun fisik. Saya mengakui bahwa saya telah berdosa. (Korban) 8," ujar pria dalam video tersebut.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya