DPP PSI Minta Maaf Atas Pernyataan Ade Armando Singgung DIY

Statement Ade Armando tidak mewakili partai

Yogyakarta, IDN Times - DPP PSI meminta maaf khususnya kepada warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atas pernyataan Caleg PSI, Ade Armando, yang menyinggung politik dinasti dan DIY. Pihak PSI menyatakan bahwa pandangan PSI dan Ade Armando berbeda soal Keistimewaan Yogyakarta.

"Kepada seluruh warga Yogyakarta khususnya, dan seluruh warga Indonesia, saya Aishah Gray, selaku ketua DPP PSI, beserta seluruh jajaran PSI DIY, meminta maaf atas kesalahpahaman yang timbul dari statement Ade Armando," kata Ketua DPP PSI, Aishah Gray dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/12/2023).

1. Pendapat berbeda PSI dan Ade Armando soal keistimewaan DIY

DPP PSI Minta Maaf Atas Pernyataan Ade Armando Singgung DIYPolitisi PSI, Aishah Gray. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Aishah mengatakan PSI memiliki pendapat yang berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Ade Armando. Pihaknya menghormati Yogyakarta sebagai daerah istimewa.

"Kami memiliki pendapat berbeda dengan Ade Armando. Kami menghormati Yogyakarta sebagai daerah istimewa, dan memahami bahwa status Istimewa ini adalah bagian yang fundamental dalam sejarah pendirian dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Aishah.

2. Pernyataan Ade Armando tidak mewakili suara PSI

DPP PSI Minta Maaf Atas Pernyataan Ade Armando Singgung DIYPartai Solidaritas Indonesia (IDN Times/Aryodamar)

Aishah juga menegaskan apa yang disampaikan Ade Armando tidak mewakili suara Partai Solidaritas Indonesia. Disebutnya Ade Armando berbicara sebagai seorang individu, seorang Warga Negara Indonesia yang memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya, termasuk di dalamnya memberikan kritik.

"Diskusi mengenai polemik ini harus kita lakukan secara konstruktif dengan kepala dingin di ruang terbuka. Sekali lagi kami tegaskan bahwa pernyataan Ade Armando tidak mewakili suara Partai Solidaritas Indonesia," ungkap Aishah.

Aishah menyebut PSI terbuka untuk menerima kritik, dan diskusi yang membangun dalam rangka menjalankan demokrasi yang sehat dan politik yang riang gembira di Indonesia.

Baca Juga: Paman Usman Geruduk Kantor PSI DIY Buntut Pernyataan Ade Armando

3. Ade Armando ajukan permohonan maaf

DPP PSI Minta Maaf Atas Pernyataan Ade Armando Singgung DIYDosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Ade Armando ketika berbicara di kantor Polda Metro Jaya (IDN Times/Indiana Malia)

Diketahui melalui akun media sosial X, Ade Armando juga telah mengajukan permintaan maaf kepada masyarakat atas pernyataannya. Ade juga menyebut apa yang disampaikan dalam video tersebut adalah pandangan pribadinya.

"Apa yang saya sampaikan di video saya tersebut adalah pandangan saya, sikap politik saya. Ini tidak ada hubungannya, pandangan politik, sikap politik, atau policy DPP PSI dan DPW PSI Jogjakarta. Itu sepenuhnya pandangan saya. Mengikuti arahan DPP PSI saya mengajukan permohonan maaf kepada segenap pihak bila video tersbeut telah menimbulkan ketersinggungan dan kegaduhan," ujar Ade Armando.

Baca Juga: Buntut Pernyataan Ade Armando, Paman Usman Ancam Copoti Baliho PSI

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya