Disinggung Soal Pengungsi Rohingya, Retno Marsudi Pilih Bungkam

Ratusan mahasiswa di Aceh tolak Rohingya

Yogyakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi memilih bungkam saat disinggung nasib pengungsi Rohingya di Aceh yang diusir mahasiswa, Rabu (27/12/2023). Retno memilih melenggang meninggalkan awak media

"Makasih ya," ujar Retno, seusai acara Pengarahan dan Penyerahan Sertifikat Warisan Dunia UNESCO, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (28/12/2023).

Retno enggan memberi komentar terkait nasib Rohingya. Sebelumnya ia hanya menjelaskan terkait agendanya di Kantor Gubernur DIY.

1. Ratusan mahasiswa datangi pengungsi

Disinggung Soal Pengungsi Rohingya, Retno Marsudi Pilih BungkamMahasiswa saat mendatangi tempat pengungsian sementara terduga pengungsi Rohingya di ruang bawah tanah Gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA) di Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Yanti untuk IDN Times)

Sebelumnya, ratusan mahasiswa mendatangi tempat penampungan sementara warga negara asing (WNA) Rohingya yang selama ini menempati ruang bawah tanah Gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA) di Kota Banda Aceh, Aceh, pada Rabu (27/12/2023). Para mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar itu mengusir ratusan imigran usai aksi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh.

2. Mahasiswa menolak Rohingya

Disinggung Soal Pengungsi Rohingya, Retno Marsudi Pilih BungkamMahasiswa saat mendatangi tempat pengungsian sementara terduga pengungsi Rohingya di ruang bawah tanah Gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA) di Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Yanti untuk IDN Times)

Koordinator Aksi, T Wariza Yusnandar, mengatakan alasan lain menolak keberadaan Rohingya yakni karena para imigran itu dianggap melakukan perlawanan terhadap masyarakat yang telah berupaya membantu mereka.

“Rohingya diberi makan kemudian menolak, ini adalah awal dari bentuk perlawanan Rohingya kepada Aceh. Jadi wajib menolak,” kata Wariza.

Baca Juga: Ganjar Jadi Capres Pertama Sowan ke Sri Sultan Selama Masa Kampanye

3. Minta DPR keluarkan pernyataan penolakan Rohingya

Disinggung Soal Pengungsi Rohingya, Retno Marsudi Pilih BungkamMahasiswa melakukan unjuk rasa Tolak Rohingya di Gedung DPR Aceh, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Yanti untuk IDN Times)

Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas meminta DPR Aceh untuk mengeluarkan pernyataan penolakan terhadap Rohingya. Mereka juga menuntut Pemerintah Aceh segera berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk memindahkan para imigran dari Tanah Rencong.

Baca Juga: KontraS Kecam Aksi Mahasiswa di Aceh Usir Rohingya dari Penampungan 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya