Dilaporkan ke KPK, Ini Sosok Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej 

Guru Besar di UGM gemar olahraga tenis dan menulis

Yogyakarta, IDN Times - Sosok Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej atau akrab disapa Eddy, tengah diterpa isu miring. Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Teguh Sugeng Santoso menduga Eddy Hiariej terbelit kemelut PT Citra Lampia Mandiri (CLM). 

IPW melaporkan ke KPK adanya dugaan gratifikasi Rp7 miliar yang diberikan kepada Wamen Kemenkumham. Eddy pun membantah perihal laporan IPW. Dia menyebut saat ini hanya memikirkan bagaimana sosialisasi RUU KUHP kepada masyarakat. Sebenarnya bagaimana sosok Guru Besar Ilmu Hukum Pidana itu?.

1. Menggemari olahraga tenis

Dilaporkan ke KPK, Ini Sosok Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej. (Istimewa/Edward Omar).

Di balik kesibukannya sebagai pejabat negara, mantan Wakil Rektor UGM itu tetap menjaga kesehatan stamina tubuhnya dengan berolahraga. 

Sejak duduk di bangku kuliah dirinya gemar olahraga berenang, lari dan tenis. Namun yang sering dilakukan pria kelahiran Ambon, 10 April 1973 yaitu tenis. Hingga dipercaya sebagai Ketua Umum Wakil Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) periode 2022-2027.

2. Dorong olahraga tenis lebih baik

Dilaporkan ke KPK, Ini Sosok Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej. (Istimewa/Edward Omar).

Menduduki jabatan mentereng di olahraga tenis Indonesia, Eddy berharap pemain tenis mempunyai bibit yang berprestasi. "Saya secara pribadi dan pengurus berharap tenis ke depan bisa dimasukkan ke Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Tanpa dukungan dari Kemenpora, KONI, dan para pemangku kepentingan lainnya tidak bisa untuk sampai pada visi dan misi kami," ujar Eddy, Senin (20/3/2023). 

Terkait kegemarannya berolahraga, laki-laki berusia 50 tahun ini biasanya rutin lari setiap pagi. Sementara untuk tenis dilakukannya seminggu dua kali. "Olahraga penting yaitu menjaga stamina kesehatan tubuh, sehingga waktu harus disesuaikan dengan baik. Kalau tidak sempat kita bermain di kantor, bahkan saat kunjungan dimanfaatkan main tenis," katanya. 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Gelar Aksi Tolak Uang Pangkal

Baca Juga: PUKAT UGM Nilai Gaya Hidup Mewah Pejabat Rentan Perilaku Koruptif

3. Gemar membaca dan menulis

Dilaporkan ke KPK, Ini Sosok Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiarej bersama Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman usai kuliah umum di Unnes Gunungpati. (Dok Humas Unnes)

Ternyata tidak hanya gemar berolahraga, Eddy Hariej juga hobi membaca dan menulis buku. Beberapa buku hasil tulisannya, antara lain 'Asas Legalitas dan Penemuan Hukum dalam Hukum Pidana' (2009), 'Teori dan hukum Pembuktian' (2012), 'Prinsip-prinsip Hukum Pidana' (2016), 'Pengantar Hukum Pidana Internasional' (2009), 'Hukum Acara Pidana' (2015), 'Pengadilan Atas beberapa Kejahatan Serius Terhadap HAM' (2010).

Edward Omar Sharif Hiariej pernah menjadi saksi ahli bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi dalam Pilpres 2019. Selain itu, ia menjadi saksi kasus penistaan agama yang menjerat mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada tahun 2017.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Dekat UGM Yogyakarta, Nyaman dan Strategis! 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya