Catatan Pertamina soal Konsumsi BBM di Jateng-DIY Selama Nataru

Ada peningkatan dari tahun sebelumnya dan hari biasa

Yogyakarta, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencatat adanya peningkatan konsumsi BBM selama masa Satgas Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah dan DIY pada 15 Desember 2023–7 Januari 2024. Ada peningkatan konsumsi BBM khususnya jenis gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo).

Kenaikan dibanding masa normal (bulan Oktober 2023) naik sebesar 7,8 persen. Dari yang semula rata-rata konsumsi harian 13.306 kiloliter per hari, meningkat menjadi 14.341 kl per hari.

1. Peningkatan konsumsi BBM gasoline

Catatan Pertamina soal Konsumsi BBM di Jateng-DIY Selama NataruArea Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR), Brasto Galih Nugroho. (IDN Times/Larasati Rey)

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengatakan konsumsi tertinggi pada masa arus mudik terjadi pada 23 Desember 2023 (H-2 Natal) dengan rata-rata konsumsi harian mencapai 15.966 kl per hari. Sementara konsumsi tertinggi pada masa arus balik terjadi pada 3 Januari 2024 (H+2 tahun baru) dengan rata-rata konsumsi harian mencapai 14.750 kl per hari.

Peningkatan yang cukup signifikan terjadi di jalur mudik Tol Trans Jawa, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY, di mana Pertamina menyediakan sejumlah layanan tambahan selama masa Satgas NARU yang tidak tersedia pada masa normal, seperti Pertashop dan Modular, SPBU Kantong, Motoris, dan sebagainya. Layanan tambahan tersebut tersedia baik di ruas tol A (arah Jakarta menuju Surabaya) maupun ruas tol B (arah Surabaya menuju Jakarta).

"Konsumsi BBM gasoline di Tol Trans Jawa meningkat sebesar 99 persen selama masa Satgas NARU 2024 jika dibandingkan dengan masa normal (bulan Oktober 2023), yaitu semula rata-rata konsumsi harian sebsar 170 kl per hari menjadi 339 kl per hari," kata Brasto, Selasa (9/1/2024).

2. Konsumsi LPG Meningkat 0,7 persen

Catatan Pertamina soal Konsumsi BBM di Jateng-DIY Selama NataruIlustrasi LPG. (Istimewa/ Pertamina JBT).

Meningkatnya aktivitas masyarakat pada masa Satgas NARU juga menyebabkan adanya peningkatan konsumsi LPG yang tercatat sebesar 0,7 persen jika dibandingkan pada masa normal (bulan Oktober 2023), khususnya di Jawa Tengah dan DIY. Semula rata-rata harian konsumsi LPG pada masa normal sebesar 4.638 metrik ton (MT) per hari menjadi 4.669 MT per hari.

"Konsumsi tertinggi terjadi pada 26 Desember 2023 (H+1 Natal) dengan rata-rata konsumsi harian mencapai 4.814 MT per hari," kata Brasto.

Baca Juga: Angkutan KA Nataru, Penumpang Meningkat hingga Barang Tertinggal

3. Wisatawan turut pengaruhi konsumsi

Catatan Pertamina soal Konsumsi BBM di Jateng-DIY Selama NataruIlustrasi pesawat di YIA. (IDN Times/Herka Yanis)

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke wilayah Jawa Tengah dan DIY menggunakan pesawat berkontribusi pada peningkatan konsumsi Avtur yang demand-nya meningkat pada 22 Desember 2023 (H-3 Natal) mencapai 54 persen yaitu 425 kl per hari. Jika dibandingkan konsumsi pada masa normal 276 kl per hari (bulan Oktober 2023).

Secara keseluruhan, dibandingkan dengan pelaksanaan satgas tahun sebelumnya, satgas NARU 2024 juga memiliki beberapa catatan kenaikan konsumsi pada Gasoline 6,5 persen, Gasoil 6,3 persen, LPG 0,1 persen, dan Avtur 15,5 persen. "Terima kasih kepada para konsumen yang telah mempercayakan produk produk BBM berkualitas kami untuk menemani perjalanan Anda berlibur akhir tahun bersama keluarga," ujar Brasto.

Baca Juga: Mengintip Persiapan Dekorasi Dhaup Ageng Pura Pakualaman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya