Belum Masuk UIN Sunan Kalijaga lewat SNBP, Ini Jalur Lainnya

UIN Sunan Kalijaga menerima 358 calon mahasiswa jalur SNBP

Sleman, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menerima 358 calon mahasiswa dari 3.272 pendaftar jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2023. Bagi yang belum diterima, masih ada peluang melalui jalur seleksi lainnya.

"Kami arahkan ke jalur seleksi yang lain," ujar Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih Rifa'i, Rabu (29/3/2023).

1. UTBK - SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tulis)

Belum Masuk UIN Sunan Kalijaga lewat SNBP, Ini Jalur LainnyaUIN Sunan Kalijaga (uin-suka.ac.id)

UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari  pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

2. SPAN–PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Belum Masuk UIN Sunan Kalijaga lewat SNBP, Ini Jalur LainnyaKampus UIN Sunan Kalijaga (instagram.com/zakimath)

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing-masing. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: span.ptkin.ac.id.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Jadi PTKIN Paling Diminati

3. UM–PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan Seleksi Mandiri

Belum Masuk UIN Sunan Kalijaga lewat SNBP, Ini Jalur LainnyaUIN Sunan Kalijaga Jogja (instagram.com/lensazahara)

UM–PTKIN nerupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan PTN dengan Program Studi Keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). UM-PTKIN diselenggarakan di seluruh Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: um.ptkin.ac.id.

Sementara itu, Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk pilihan semua program studi umum maupun agama. Jalur Mandiri dapat diikuti oleh pendaftar Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu'adalah atau Paket C yang setara tahun 2023, 2022. 2021 dan 2020 terdapat tiga jenis seleksi, yaitu:

1. Computer-Based Test (CBT), Mandiri CBT merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian online menggunakan sistem operasi Android. Seleksi CBT dilakukan dari rumah  menggunakan ponsel dan berpaket data internet yang telah disiapkan oleh peserta ujian.

2. Prestasi. Mandiri Prestasi merupakan seleksi bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi bidang akademik, seni, olah raga, keagamaan, atau hafalan Al-Qur’an minimal 26 Juz dibuktikan dengan ijazah/piagam, atau dengan prestasi individu tingkat nasional juara 1 - 3 dibuktikan dengan sertifikat/piagam yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga Negara Republik Indonesia selama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

3. Portofolio. Mandiri Portofolio merupakan seleksi dengan nilai UTBK-SNBT atau nilai UM-PTKIN tahun 2023. Jalur Mandiri Portofolio juga merupakan jalur seleksi PMB bagi calon mahasiswa baru Luar Negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah. Pada jalur Mandiri Portofolio ini juga terdapat program Mandiri Khusus Difabel Calon Mahasiswa, serta Portofolio Keberagaman untuk calon mahasiswa Non Muslim atau 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Informasi lebih lengkap tentang Admisi Khusus Difabel, silahkan lihat di link berikut: http://pld.uin-suka.ac.id/p/admisi.html.

Pendaftaran Jalur Mandiri secara online bisa klik di admisi.uin-suka.ac.id.

Baca Juga: 3 Pemimpin Umat Terima Gelar Honoris Causa dari UIN Sunan Kalijaga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya