Bawaslu DIY Belum Temukan Kecurangan Pemilu 2024, tapi Temukan Ini

Buka aduan laporan dugaan kecurangan

Yogyakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta (Bawaslu DIY) mengaku belum menemukan dugaan kecurangan dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Belum, tidak ditemukan sementara ini kecurangan, belum ada laporan di kantor," ujar Ketua Bawaslu DIY, Muhammad Najib, Kamis (15/2/2024).

1. Buka layanan jika ada yang ingin melaporkan

Bawaslu DIY Belum Temukan Kecurangan Pemilu 2024, tapi Temukan Iniilustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Najib mengatakan jika terdapat laporan dugaan kecurangan akan diterima oleh Bawaslu DIY. "Itu perintah Undang-Undang, dan kita tindak lanjuti," ujar Najib.

Najib menyebut untuk membuat laporan, pelapor harus mengetahui peristiwanya, siapa yang dilaporkan termasuk alamat dan namanya. "Bisa menjelaskan kejadian peristiwa seperti apa, ada bukti. Kemudian ada saksi siapa yang bisa kasih keterangan terkait yang dilaporkan," ujar Najib.

2. Surat suara kurang di TPS

Bawaslu DIY Belum Temukan Kecurangan Pemilu 2024, tapi Temukan IniWarga memasukkan surat suara saat mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Alun Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Najib mengatakan untuk temuan dalam proses Pemilu 2024, ditemukan kekurangan dan kelebihan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Temuan tersebut banyak terjadi di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

"Yang cukup banyak di Gunungkidul, ada 30 TPS kelebihan dan kekurangan surat suara. Itu kurangnya bulat ya 100. Jumlah 100 itu banyak per TPS, ada Pilpres, DPD. Lebih banyak kurangnya, daripada lebihnya," ujar Najib.

Meski begitu, Najib mengungkapkan bahwa permasalahan tersebut bisa ditangani hari itu juga saat pemungutan suara. "Ya dicarikan masih ada stok di KPU Gunungkidul. Sudah teratasi semua," ungkap Najib.

Baca Juga: Jokowi Akui Minta Sultan Hamengku Buwono X Jembatani Bertemu Megawati

3. Ada orang yang tidak terdaftar tapi ikut nyoblos

Bawaslu DIY Belum Temukan Kecurangan Pemilu 2024, tapi Temukan IniWarga menunjukkan model surat suara pemilihan presiden saat simulasi pencoblosan pemilu di TPS 31 Penancangan Kota Serang, Banten, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Permasalahan lainnya terjadi di TPS 126 Babarsari, Caturtunggal, ada 21 orang yang sebenarnya tidak masuk daftar pemilih, namun ikut memilih. Terkait apakah nantinya akan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Najib mengungkapkan saat ini masih dalam kajian.

"Semua sudah selesai kalau penghitungan, gak ada hubungan penghitungan. Kalau mau PSU ya diadakan pemungutan suara ulang. Masih proses, belum bisa diputuskan (untuk PSU)," kata Najib.

Baca Juga: Ganjar dan Mahfud Unggul di TPS Sri Sultan Nyoblos

Baca Juga: AMIN Unggul di TPS Lokasi Khusus UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya