Asyik, Penumpang Bisa Beli Beragam Produk UMKM di Kereta Api

Usung tajuk UMKM Fest on Train 2023

Yogyakarta, IDN Times - Penumpang kini bisa membeli beragam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di atas kereta api. UPT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan KAI Services menghadirkan hasil dari pelaku UMKM lewat UMKM Fest on Train 2023. Diharapkan dengan kegiatan ini mendukung pembangunan ekonomi rakyat.

Produk-produk UMKM binaan KAI itu dijajakan di kereta makan/restorasi kereta api pada 17-21 Mei 2023. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

1. Berbagai produk hasil UMKM dihadirkan

Asyik, Penumpang Bisa Beli Beragam Produk UMKM di Kereta ApiUMKM Fest on Train 2023. (Dok.Istimewa)

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan KAI terus mendorong sektor UMKM melalui berbagai aktivitas promosi, dapat membuka target pasar baru. "UMKM Fest on Train 2023 merupakan salah satu upaya yang KAI lakukan dalam memasarkan produk UMKM binaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Franoto.

Produk-produk yang dijajakan pada UMKM Fest on Train 2023 merupakan olahan makanan ringan yang digemari oleh masyarakat. Seperti odeng, ciomy, tekwan, makaroni, basreng, seroja peyek, serta slondok dan puyur.

2. Tahap awal di beberapa KA

Asyik, Penumpang Bisa Beli Beragam Produk UMKM di Kereta Apigambar jalur kereta api Lodaya (instagram.com/rizkybbr)

Pada tahap awal, UMKM Fest on Train dilaksanakan di beberapa KA. Salah satunya KA keberangkatan awal Daop 6, yaitu KA Lodaya relasi Stasiun Solo Balapan-Bandung PP dan KA yang melintasi wilayah Daop 6 yaitu KA Argo Wilis relasi Stasiun Bandung-Surabaya Gubeng PP.

Franoto mengatakan, dengan adanya UMKM Fest on Train 2023, pelanggan memiliki pilihan makanan yang lebih banyak di samping sajian-sajian lainnya yang telah disediakan oleh KAI Services. Pelanggan juga semakin dimudahkan untuk memesan produk-produk UMKM ataupun hidangan lainnya di restorasi melalaui laman lokomart.id atau aplikasi KAI Access, selain bisa juga membeli langsung di atas kereta api.

Baca Juga: KAI Berikan Diskon hingga 60 Persen Perjalanan Jogja - Cirebon 

3. Berbagai dukungan pemasaran lainnya

Asyik, Penumpang Bisa Beli Beragam Produk UMKM di Kereta ApiUMKM Fest on Train 2023. (Dok.Istimewa)

Saat ini, Daop 6 melakukan berbagai dukungan pemasaran bagi UMKM binaan dalam bentuk penyediaan Teras UMK di stasiun, etalase UMKM di stasiun, e-katalog UMKM di kereta api, serta mengikutsertakan mitra binaan pada pameran-pameran. Pada tahun 2023 ini, selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi bagi UMK binaannya. 

“Melalui hadirnya UMKM Fest on Train 2023, diharapkan KAI turut berkontribusi terhadap bangkitnya perekonomian UMKM dengan memperkenalkan produk UMKM binaan KAI kepada pasar yang lebih luas,” tutup Franoto.

Baca Juga: PT KAI Daop 6 Jogja Tambah 2 Kereta Baru, Ada Tiket Promo Bulan Juni  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya