Ahli Gempa Bumi UGM Ingatkan Potensi Gempa dari Sesar Tua di IKN

Bangunan harus menyesuaikan potensi gempa

Sleman, IDN Times - Ahli Gempa Bumi dari Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Gayatri Indah Marliyani, menyebut ada potensi gempa di Ibu Kota Nusantara (IKN). Meski potensi disebut tidak besar, ia tetap mengingatkan pembangunan di sana harus menyesuaikan dengan potensi yang ada.

"Sebenernya sama ya di IKN itu ada beberapa sesar tua yang memang punya potensi untuk aktif. Jadi ada beberapa studi juga yang dalam sejarah kegempaan di sekitar Kalimantan juga ada potensi (gempa) magnitudo 4, magnitudo berkisar 4 sampai 5," ujar Gayatri, di kampus UGM, Jumat (26/4/2024).

1. Ada sesar tua di IKN

Ahli Gempa Bumi UGM Ingatkan Potensi Gempa dari Sesar Tua di IKNSalah satu kawasan di Kecamatan Samboja Kukar masuk dalam delinasi IKN. (IDN Times/Fatmawati)

Gayatri menyebut sebenarnya untuk IKN dapat dikatakan kasus khusus. Disebutnya nama-nama sesar yang ada belum dipublikasikan, belum masuk dalam sistem sesar yang diberi nama. "Jadi belum bisa nyebut satu-satu (nama sesar)," ungkap Gayatri.

Gayatri menjelaskan di wilayah Kalimantan terdapat sesar tua, yang sudah tidak terlalu aktif. Meski begitu, ketika sesar tersebut tertekan bisa bergerak. "Jadi bagian struktur tua yang mungkin punya potensi untuk reaktivasi," jelas Gayatri.

2. Kemungkinan gempa tetap ada

Ahli Gempa Bumi UGM Ingatkan Potensi Gempa dari Sesar Tua di IKNAhli Gempa Bumi dari Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Gayatri Indah Marliyani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Gayatri mengungkapkan potensi kegempaan mungkin ada dengan reaktivasi sesar tua di Kalimantan. Ia mengatakan kemungkinan gempa yang ditimbulkan tidak akan besar, namun tidak bisa juga diprediksi 100 persen.

"Beberapa waktu lalu di bagian utara itu yang Kinabalu itu mendekati magnitudo 6. Kadang-kadang juga ada sesuatu di luar estimasi kita mungkin. Kita tidak bisa 100 persen tahu bumi itu, sesuai apa yang kita prediksi," ujar Gayatri.

Baca Juga: Pakar UGM Ungkap 3 Persoalan yang Buat MK Tolak Gugatan Pilpres

3. Pembangunan harus mempertimbangkan potensi gempa bumi

Ahli Gempa Bumi UGM Ingatkan Potensi Gempa dari Sesar Tua di IKNProyek Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mengingat potensi gempa yang ada, Gayatri menyarankan agar pembangunan di IKN mengikuti kemungkinan potensi maksimum magnitudo yang ada. Sehingga, bangunan yang ada siap menghadapi kemungkinan guncangan gempa bumi.

"Ini mumpung pembangunan, ya artinya standar bangunan harus mengikuti kemungkinan potensi maksimum magnitudo itu. Sehingga apa yang dibangun di situ sudah disiapkan untuk menghadapi kemungkinan guncangan gempa bumi di situ," ucap Gayatri.

Baca Juga: Pengamat UGM: Konflik Iran-Israel Bisa Picu Kenaikan Harga BBM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya