Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! 

Millennial yang tak punya rumah, paling banyak ada di Bali

Yogyakarta, IDN Times - Generasi millennial kerap dipersepsikan boros sehingga tidak memiliki rumah. Belum mampu secara finansial menjadi penyebab lainnya. Generasi ini juga dinilai lebih suka menghabiskan uang untuk berlibur dan nongkrong dibanding investasi dengan membeli rumah. 

Tapi tahukah kamu ternyata sebagian besar millennial di 12 kota Indonesia atau 76 persen di antaranya sudah memiliki tempat tinggal sendiri? Dan sebagian besar di antaranya membayar cash alias tunai! 

 

 

1. Millennial lebih menyukai pembayaran rumah secara tunai

Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! Ilustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebanyak 76 persen millennial mengaku telah memiliki tempat tinggal sendiri, bahkan melakukan cara pembayaran dengan sistem tunai dipilih oleh 49 persen responden. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan IDN Media terhadap 1.000 responden di 12 kota Indonesia.  

Selain pembayaran secara cash atau langsung, sistem pelunasan rumah yang disukai millennial adalah dengan sistem KPR atau cicilan bank sebanyak 23 persen. Sedangkan 9 persen memilih menggunakan KPR Syariah.

Cara lain yang digunakan untuk membeli rumah adalah melalui skema pembayaran dengan sistem mengangsur langsung kepada developer. Hal ini dilakukan sebanyak 3 persen, dan 2 persen sisanya menerima warisan.   

 

2. Sebanyak 24 persen millennial tidak punya rumah sendiri

Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! Ilustrasi indekos yang Kalimosodo di Sleman. IDN Times/Febriana Sinta

Lalu bagaimana dengan millennial yang tidak mempunyai rumah? Sebanyak 24 persen anak muda di Indonesia tidak memiliki tempat tinggal sendiri. Survei yang dilakukan mulai 27 Januari hingga 7 Maret 202 ini mendapatkan hasil, mereka hidup bersama orangtua atau memilih tinggal di kos-kosan (borading room). 

Dari data tersebut juga mencakup millennial mempunyai rencana untuk membeli rumah sendiri atau dengan pasangannya.

Baca Juga: 6 Kafe Dekat UNY Kampus Wates, Pas buat Nugas dan Nongkrong

Baca Juga: Jadwal IMGS 2022 Hari Pertama Hadirkan Banyak Sesi Inspiratif

3. Millennial tak punya rumah terbanyak berada di Pulau Dewata

Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! Hasil survei Millennial Report 2022 yang dilakukan oleh IDN Research Institute, tentang millennial yang tidak punya rumah/IDN Times

Sebanyak 24 persen dari 1.000 repsonden yang tidak memiliki rumah, ternyata Bali merupakan daerah terbanyak dimana millennial tidak mempunyai rumah sendiri. Dibandingkan 12 daerah lainnya yang dilakukan survei oleh IDN Times, sebanyak 42 persen anak muda di Pulau Dewata tidak mempunyai rumah yang mereka beli sendiri. 

Selain Bali, hal yang sama terjadi di Solo, Jawa Tengah. Bahkan angka dari hasil survei tidak terlalu beda. Sebanyak 40 persen tidak memiliki rumah.

Di tempat ketiga ada di Yogyakarta, Balikpapan dan Medan, sebanyak 34 persen millennials tidak mempunyai rumah. Selanjutnya ada di Semarang dengan 34 persen, Makasar 24 persen dan Jakarta sebanyak 21 persen. Bandung dan Palembang ternyata hanya 10 persen millennials tidak memiliki rumah, sedangkan Surabaya 9 persen. Paling rendah terdapat di Banjarmasin yaitu 4 persen. 

 

4. IDN Media menyelenggarakan IMGS 2022 selama 2 hari mulai 29-30 September 2022

Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan hadir secara offline pada 29-30 September 2022 di Tribrata, Jakarta (Dok. IDN Media)

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: 3 Film Karya BW Purba Negara, Sutradara Jogja Lulusan Filsafat UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya