Ganjar Pranowo Sebut Jogja Beri Energi Baru Baginya

Ganjar sebut bersama Mahfud adalah panggilan sejarah

Sleman, IDN Times - Calon Presiden, Ganjar Pranowo menghadiri deklarasi Tim Pemenangan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (16/11/2023). Ganjar menyebut dirinya dan Mahfud MD tidak sedang bercerita tentang sebuah kekuasaan.

"Ganjar Mahfud adalah dua anak bangsa yang mendapat panggilan sejarah. Saya yakin, seyakin-yakinnya, dua anak ini sedang tidak bercerita tentang suatu kuasa, bukan. InsyaAllah kita sedang bercerita nasib bangsa," ujar Ganjar.

 

1. Jogja bagian penting bagi dirinya dan bangsa

Ganjar Pranowo Sebut Jogja Beri Energi Baru BaginyaCalon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengingat dirinya ketika belajar di Jogja. Ganjar mengaku banyak hal yang diperoleh saat menimba ilmu di Kota Pendidikan ini. "Datang ke Jogja belajar budaya, mengasah rasa, intelektualitas, spiritualitas, emosionalitas. Ganjar Mahfud adalah dua anak yang pernah diajar di sini," ujar Ganjar.

Ganjar juga menyebut Jogja menyimpan sejarah panjang bangsa Indonesia. Perjuangan Jogja menurutnya menginspirasi untuk tidak pernah mundur selangkah pun menghadapi penjajah. Ia menyinggung bagaimana saat itu Jogja berupaya menjaga demokrasi negeri ini.

"Saya mau mengingatkan semua, 20 Mei 1998 Ngarsa Dalem bicara, sejuta masyarakat di Jogja berkumpul, untuk mengingatkan pemerintahan pada saat itu," kata Ganjar.

 

2. Mendapat energi dari Jogja

Ganjar Pranowo Sebut Jogja Beri Energi Baru BaginyaPenyekatan jalan di kawasan Tugu Yogyakarta. IDN Times/Febriana Sinta

Pada kesempatan tersebut Ganjar mengaku rasa kebatinannya juga berbeda ketika di Jogja. Ia merasa mendapat energi baru, karena semangat dari para pendukungnya.

"Saya merasa recharge di sini, karena semangat kawan-kawan luar biasa. Pesan untuk kawan-kawan ikuti aturan, tertib. Kalau kemarin ada keliru segera perbaiki. Kita ada di rel benar, agar demokrasi dan demokratisasi berjalan baik," kata Ganjar.

 

Baca Juga: Jubir Dilaporkan ke Polisi, Ganjar-Mahfud Siapkan Tim Hukum

3. Pusat komando kampanye untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di Jogja

Ganjar Pranowo Sebut Jogja Beri Energi Baru BaginyaKetua Tim Pemenangan Daerah DIY Ganjar-Mahfud, Yuni Setia Rahayu (IDNTimes/Herlambang Jati)

Deklarasi hari ini dihadiri ratusan orang dari partai pengusung Hanura, PPP, dan Perindo, serta kelompok relawan. “Tim ini bertugas sebagai pusat komando kampanye untuk memenangkan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Provinsi DIY,” ujar Ketua Tim Pemenangan Daerah DIY Ganjar-Mahfud, Yuni Setia Rahayu.

Menurut Yuni, pembentukan tim pemenangan Ganjar-Mahfud merupakan tindak lanjut dari kepanitiaan pemenangan tingkat nasional yang sudah dibentuk sebelumnya. “Kami akan berkoordinasi dengan tim nasional dan juga tim-tim di kabupaten kota untuk menyosialisasikan Pak Ganjar,” ucap Yuni.

Baca Juga: Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas Strategi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya