Darmawan Prasodjo, dari Remaja Berprestasi hingga Direktur Utama PLN

Darmawan bakal bicara Energizing Tomorrow di IMGS 2023

Sosok Darmawan Prasodjo sudah tak asing lagi sebagai Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sejak 6 Desembe 2021, memegang jabatan tertinggi di PLN menggantikan Zulkifli Zaini. 

Darmawan adalah seorang ekonom energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat untuk menempuh studi dan berkarir sebagai konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University.

Tak hanya berkutat di bidang energi, suami dari Diny Sandra Dewi tersebut, juga pernah maju sebagai caleg DPR RI. Agar makin kenal, yuk, simak profil Darmawan Prasodjo berikut ini!

1. Lahir di Magelang dan menyabet gelar doktor di Amerika Serikat

Darmawan Prasodjo, dari Remaja Berprestasi hingga Direktur Utama PLNDirektur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam acara Real Talk with Uni Lubis. (IDN Times/Fauzan

Darmawan Prasodjo adalah anak dari pasangan Brigadir Jenderal TNI (Hor) Purn Drs. Sadja Moeljoredjo dan Ibu Sudarti Sadja. Ayahnya seorang tentara pernah menjabat sebagai Kepala SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Lahir pada 19 Oktober 1970 di Magelang, merupakan remaja berprestasi. Saat lulus dari SMA Negeri 1 Magelang, masuk salah satu 20 lulusan terbaik. Darmawan Prasodjo muda, lantas dikirim ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi pada tahun 1989 melalui program Habibie.

Dilansir dari laman milik PLN, Darmawan Prasodjo meraih gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 1994. Di tahun 2000, ia menuntaskan Master of Computer Science dari Texas A&M University, dan menyabet gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber Daya Alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University tahun 2011.

2. Menjabat sebagai Deputi Kepresidenan sampai Direktur Utama PLN

Darmawan Prasodjo, dari Remaja Berprestasi hingga Direktur Utama PLNDirektur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam acara Real Talk with Uni Lubis. (IDN Times/Fauzan

Tak langsung kembali ke Indonesia, Darmawan Prasodjo sempat bekerja di Amerika sampai tahun 2012, termasuk menjadi Ekonom riset di Nicholas Institute for Environmental Policy Solutions, Duke University pada tahun 2009-2012. Ketika pulang ke Indonesia, ia memulai perjalanan kariernya sebagai berikut:

  • (2012-2013) Direktur di Indonesia Center for Green Economy
  • (2013-2014) Co-chair Post 2015 Millenium Development Goals tahun
  • (2013-2014) Presiden Komisaris Ametis Energi Nusantara
  • (2015 - 2019) Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional.
  • (2018 - 2019) Komisaris di PT Perusahaan Listrik Negara
  • (2019 - 2021) Wakil Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara
  • (2021-sekarang) Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara

Baca Juga: Prilly Latuconsina Jadi Pembicara di IMGS 2023, Inspiratif 

3. Pernah maju sebagai calon legislatif Jawa Tengah

Darmawan Prasodjo, dari Remaja Berprestasi hingga Direktur Utama PLNDirektur Utama PLN, Darmawan Prasodjo saat kunjungan kerja. (dok. PLN)

Dalam karier politiknya, Darmawan merupakan politisi kader PDI Perjuangan dan menjadi tim ahli pasangan Jokowi - Jusuf Kalla saat debat Capres-Cawapres pada Pemilihan Umum Presiden 2014 lalu.

Pernah menjajal keberuntungan dalam bidang politik. Tahun 2014, maju sebagai Caleg DPR RI PDIP 2014 dari Dapil V (Solo, Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali) Jawa Tengah.

4. Darmawan Prasodjo akan hadir hari kedua di IMGS 2023 by IDN Times

Darmawan Prasodjo, dari Remaja Berprestasi hingga Direktur Utama PLNIndonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan hadir secara offline pada 29-30 September 2022 di Tribrata, Jakarta (Dok. IDN Media)

Millennials dan Gen-Z yang ingin mengetahui langsung mengenai sosok Darmawan Prasodjo? Ia bakal hadir pada hari kedua Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) by IDN Times, Sabtu, 25 November 2023. 

Darmawan akan hadir pada sesi keenam bersama CEO of Sintesa Group, Shinta W Kamdani, dan Presdir PT Isuzu Astra Motor Indonesia Yusak Kristian Solaeman, di panggung Energizing Tomorrow: Unveiling the Wonders of the Energy Transition.

IMGS 2023 by IDN Times adalah yang ke-4 kalinya diadakan. Ini adalah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennials and Gen Z, di Tanah Air. Tahun ini temanya "Purposeful Progress". IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 digelar selama tiga hari, mulai 24 hingga 26 November 2023, di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta, bakal dihadiri lebih dari 7.000 peserta millennials and gen Z, melibatkan pemimpin dari berbagai latar-belakang, termasuk industri, dengan tiga pilar : conference, festival, community. 

Baca Juga: PLN Bakal Diwajibkan Beli Listrik dari Pembangkit Tenaga Sampah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya