Presiden Boleh Berkampanye, Mahfud MD: Silakan Saja

Rencana bertemu dengan presiden untuk mundur urusan teknis

Bantul, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sekaligus calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mengatakan tak mempermasalahkan jika Presiden Joko Widodo akan ikut berkampanye untuk memenangkan salah satu pasangan capres-cawapres dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Ya ndak papa, kalau presiden mengatakan begitu, silakan aja. Anda (presiden) mau ikut atau enggak, itu kan terserah," katanya usai melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Annur Ngrukem, Kabupaten Bantul, pada Rabu (24/1/2024).

1. Aturan presiden boleh berkampanye ada di Biro Hukum Sekretaris Negara

Presiden Boleh Berkampanye, Mahfud MD: Silakan SajaPresiden Jokowi hadir dalam acara penyerahan pesawat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (dok. Sekretariat Presiden)

Terkait dengan aturan presiden tak dilarang untuk berkampanye, Mahfud justru meminta awak media untuk bertanya Biro Hukum Sekretaris Negara. 

"Ya kalau aturannya silahkan tanya pada Biro Hukum Sekretaris Negara aja," ucapnya.

Bagi Mahfud, pernyataan Presiden Jokowi tersebut baginya tidak memperkeruh suasana.

"Ndak kalau saya ndak keruh tuh, malah sejuk ini di sini," tandasnya.

2. Rencana Mahfud mundur dari jabatan Menko Polhukam

Presiden Boleh Berkampanye, Mahfud MD: Silakan SajaKunjungan kerja Menkopolhukam Mahfud MD ke Ponpes Annur Ngrukem Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara terkait rencananya dirinya yang akan mundur dari jabatan Menkopolhukam, Mahfud MD mengatakan presiden menghargai hal tersebut.

"Ya emang tugas presiden untuk menghargai," ucapnya.

Terkait rencana pertemuan dengan presiden terkait rencana pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam, Mahfud menyatakan hal tersebut sangat teknis.

"Nantilah, itu sudah sangat teknis," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye Anies: Silakan Masyarakat Menilai

3. Jokowi sebut presiden boleh berkampanye

Presiden Boleh Berkampanye, Mahfud MD: Silakan SajaPresiden Jokowi hadir dalam acara penyerahan pesawat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyatakan seorang presiden boleh berkampanye di tahun politik. 

"Semua itu pegangannya kalau aturan boleh silakan. Kalau tidak boleh sudah jelas itu. Presiden tidak boleh (berkampanye)? Boleh berkampanye, boleh. Tapi dilakukan atau tidak terserah individu masing-masing," ujar Jokowi di Pangkalan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi mengatakan, presiden, menteri atau pejabat publik lainnya diperbolehkan berkampanye asalkan tidak menggunakan fasilitas negara. "Ya boleh saja saya kampenye tapi yang penting tidak gunakan fasilitas negara," tambah dia.

Baca Juga: Selama Kampanye Mahfud MD Gak Pernah Pakai Fasilitas Negara: Saya Beri Contoh!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya