Ketua PBNU Tegaskan NU Netral, Ini Respons Bacaleg PKB Bantul

Pemilih saat sudah pandai dalam memilih wakilnya di DPRD

Bantul, IDN Times - ‎Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf, menyatakan netralitas PBNU dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Ia melarang pengurus berpolitik praktis dan akan memberikan sanksi bagi yang melanggar.

Terkait hal tersebut, Bakal calon legislatif (bacaleg) PKB untuk DPRD Bantul, Suradal, mengatakan pernyataan tersebut adalah hal yang wajar. Sebab, NU sejak dilahirkan harus netral dari politik praktis, kendati tetap membebaskan warga untuk memilih dan dipilih.

"Saya sepakat bahwa organisasi NU harus netral dalam politik termasuk pengurusnya," katanya, Kamis (7/9/2023).

1. Caleg PKB tak hanya meraup suara dari kalangan NU‎

Ketua PBNU Tegaskan NU Netral, Ini Respons Bacaleg PKB BantulLogo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. NU)

Menurut Suradal, PKB sangat erat dengan NU dan sebagian besar pemilih PKB adalah warga NU. Namun, baginya dalam mendapatkan suara tentu saja tidak dari kalangan NU semata. Sebab warga NU juga punya pilihan sendiri baik partai maupun calon legislatifnya.

"Warga NU memilih caleg tentu punya alasan seperti caleg yang bersangkutan memang kompeten dan juga telah memberi manfaat kepada warga NU. Apalagi caleg yang saat ini masih duduk sebagai anggota DPRD dan akan maju kembali dalam pilleg 2024 yang akan datang," ujarnya.

2. Tak hanya bacaleg dari PKB yang silaturahmi ke pengurus NU

Ketua PBNU Tegaskan NU Netral, Ini Respons Bacaleg PKB BantulPartai Gerindra Bantul daftarkan bacaleg ke KPU Bantul. (Dok. Istimewa)

Suradal menjelaskan, tidak hanya bacaleg dari PKB,  banyak bacaleg dari partai lain yang saat ini melakukan silaturahmi meminta doa restu dan dukungan dari warga NU. Menurutnya, hal tersebut sah-sah saja.

"Namun sekali lagi masyarakat saat juga cerdas dalam menentukan pilihannya," ungkapnya.

Baca Juga: Manuver Nasdem Gandeng Cak Imin Timbulkan Gempa Politik

3. Caleg terpilih dari PKB akan mengawal kepentingan NU‎

Ketua PBNU Tegaskan NU Netral, Ini Respons Bacaleg PKB BantulAnggota Komisi D DPRD Bantul, Suradal.(IDN Times/Daruwaskita)

Suradal juga memastikan caleg dari PKB tetap memfasilitasi, mengawal berbagai program dari NU sebab PKB juga lahir dari NU.

"Kalau kita bisa dipastikan akan mengawal kepentingan NU meski juga pihak lainnya sebab menjadi anggota DPRD bukan untuk kelompok tertentu namun untuk masyarakat Bantul," ungkapnya.‎

Baca Juga: Gus Yahya: 2 Pemilu Terakhir Agama Dipakai Buat Serang Orang Lain

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya