Buya Syafii Sudah Pilih Tempat Peristirahatan Terakhirnya

Negara tawarkan agar Buya Syafii dimakamkan di TMP Kalibata

Yogyakarta, IDN Times - ‎Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD, terbang dari Jakarta untuk memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Buya Syafii Maarif yang disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). Guru Besar UII Yogyakarta itu datang bersama dengan sejumlah staf beberapa saat setelah salat Jumat yang digelar di Masjid Kauman selesai.

Begitu tiba di Masjid Kauman, Mahfud langsung melaksanakan salat jenazah. Setelah selesai Mahfud MD menyalami keluarga dari Buya Syafii Maarif serta mengucapkan duka yang mendalam atas berpulangnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut.

Baca Juga: Mengenal Sosok Buya Syafii Maarif, Negarawan Bersahaja

1. Negara tawarkan Buya Syafii dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata‎

Buya Syafii Sudah Pilih Tempat Peristirahatan TerakhirnyaJenazah Buya Syafii Maarif disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Usai memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Buya Syafii dan juga mengucapkan dukacita kepada keluarga, Mahfud MD mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan istana terkait pemakaman Buya Syafii. Almarhum merupakan pemegang Bintang Mahaputra Utama yang berhak di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

"Negara akan memfasilitasi jika akan dimakamkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. Karena memang tempat itu (Makam Pahlawan Kalibata) untuk pahlawan sekelas Pak Syafii Maarif," ujarnya, Jumat.

2. Buya Syafii telah memilih makamnya sendiri sebelum berpulang‎

Buya Syafii Sudah Pilih Tempat Peristirahatan TerakhirnyaMahfud MD menyalati jenazah almarhum Buya Syafii di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. (IDN Times/Daruwaskita)

Namun demikian, kata Mahfud, setelah berkoordinasi dengan keluarga yang diwakili Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, ternyata Buya Syafii sudah memesan makamnya sendiri pada 24 Februari 2022 lalu.

"Ya kita doakan kepergiannya. Insya Allah di manapun beliau istirahat adalah tempat terbaik," ucapnya.

3. Presiden Jokowi belum dipastikan melayat ke Yogyakarta

Buya Syafii Sudah Pilih Tempat Peristirahatan TerakhirnyaPresiden Jokowi (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Sementara terkait rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk melayat ke Yogyakarta, Mahfud mengatakan dirinya belum mendapatkan konfirmasi dari istana apakah Pak Presiden akan datang dalam waktu dua sampai tiga jam ke depan.

"Tapi, saya tadi berkoordinasi dengan istana tentang pemakaman Buya Syafii Maarif," tuturnya.‎

Baca Juga: Buya Syafii Alami Henti Jantung Sebelum Meninggal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya