5 Tahun Berjalan, Berapa Dana Desa yang sudah Dikucurkan Pemerintah?

Dana ini diharapkan memicu kemandirian desa

Bantul, IDN Times - Sejak dimulai lima tahun lalu, hingga saat ini pemerintah pusat telah mengucurkan tak kurang dari Rp257 triliun Dana Desa. Kucuran dana yang cukup besar ini diharapkan memicu pemerataan pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat hingga ke pelosok Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo dalam acara 'Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Dana Desa menuju Desa Maju dan Mandiri' di Jogja Expo Center, Selasa (26/3), mengatakan pemberian dana desa merujuk terbitnya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Melalui UU ini, sebuah Desa diberi mandat dan kewenangan lebih luas dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan pembangunan.

Baca Juga: Menilik Hasil Dana Desa Program Kepemimpinan Jokowi

1. Desa ujung tombak dan kepanjangan tangan pemerintah pusat

5 Tahun Berjalan, Berapa Dana Desa yang sudah Dikucurkan Pemerintah?IDN Times/Daruwaskita

Dengan Dana Desa, diharapkan ada pemanfaatan untuk melaksanakan kewenangan di bidang otonomi pelayanan, pembangunan kemasyarakatan, dan pemerintahan.

"Desa saat ini menjadi ujung tombak dan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. Adanya dana desa dapat memicu kemandirian sebuah Desa," ujar Hadi.

2. Sekjen Kemendagri klaim kemandirian desa sangat terlihat di era Jokowi

5 Tahun Berjalan, Berapa Dana Desa yang sudah Dikucurkan Pemerintah?ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Hadi, kemandirian sebuah desa dalam membantu pembangunan dan penyelenggaraan Pemerintahan di Indonesia terlihat jelas di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal itu berkaca pada meningkatnya Dana Desa yang dikucurkan sejak tahun 2015.

Adapun alokasi Dana Desa pada tahun 2015 ialah sebesar Rp20,76 triliun. Tahun 2016 meningkat menjadi Rp46,98 triliun. Lalu tahun 2017 dan tahun 2018 meningkat menjadi Rp60 triliun. Sedangkan, tahun ini meningkat lagi menjadi Rp70 triliun.

"Karena itu, dalam 5 tahun ini kalau di jumlah total Dana Desa yang dikucurkan mencapai Rp257 triliun," katanya.

3. Berharap kucuran dana desa semakin besar di tahun berikutnya

5 Tahun Berjalan, Berapa Dana Desa yang sudah Dikucurkan Pemerintah?IDN Times/Daruwaskita

Hadi menambahkan, karena itu bukan tidak mungkin tahun depan anggaran untuk dana Desa kembali meningkat. Mengingat saat ini dampaknya telah dirasakan masyarakat Desa.

"Semoga tahun depan anggaran dana akan semakin besar karena sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Dari data yang disebut Hadi,  alokasi dana tersebut sudah terserap menjadi sejumlah aset desa, mulai dari 180 ribu kilometer jalan desa, 6.500 Pasar Desa, 11.500 Posyandu, 18 ribu PAUD dan juga 791 ribu meter jembatan.

Baca Juga: Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Ini Sasaran Dana Desa Tahun 2019

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya