Comscore Tracker

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuh

Biar kukumu tidak mudah rapuh dan rusak, girls!

Sebagai perempuan, memperhatikan hal-hal yang detail seperti kesehatan kuku tentu sudah menjadi keharusan. Menjadi anggota tubuh yang cukup menarik perhatian, menjaga kesehatan dan kebersihan kuku juga sangat penting.

Tak hanya harus sering dibersihkan dan dipotong, ternyata ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu perhatikan dalam merawat kuku agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Penasaran bagaimana caranya?

1. Konsumsi makanan mengandung ragam nutrisi

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi ragam makanan mengandung nutrisi (unsplash.com/lvnatikk)

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga berpengaruh pada kesehatan kuku. Kuku yang rapuh, retak, atau berubah warna bisa menjadi indikasi kurangnya nutrisi atau masalah kesehatan.

Agar kamu bisa menghindari masalah-masalah kuku tersebut, penuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh kuku. Kamu perlu mengonsumsi sederet nutrisi makanan termasuk berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan kuku, antara lain makanan yang mengandung biotin, vitamin B12, vitamin B9, vitamin C, zat besi serta protein dan asam lemak omega-3.

2. Merawat kutikula kuku

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi minyak zaitun (Pixabay.com/Stevepb)

Merawat kutikula juga sama pentingnya untuk kesehatan kuku jika tidak berlebihan. Dilansir dari Teenvogue, menggunakan minyak zaitun di sekitar kutikula dapat membuat kuku tetap lembap. Oleskan pada malam hari sebelum tidur di saat kamu sudah selesai  beraktivitas.

3. Melakukan aktivitas fisik

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi aktivitas fisik (unsplash.com/nature_zen)

Aktivitas fisik dan pertumbuhan kuku tampaknya tidak berhubungan. Padahal, kenyataannya melakukan aktivitas fisik seperti kardio yang teratur, bahkan jika itu hanya berjalan kaki setiap hari, akan membantu sirkulasi darah dan berpengaruh terhadap kesehatan kuku.

Jika kamu tidak sempat untuk melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, kamu bisa mencoba memijat tangan sendiri sepanjang hari. Memijat kutikula dengan minyak zaitun atau pelembap lainnya beberapa kali setiap hari akan membantu menjaga kutikula tetap sehat.

Baca Juga: 5 Cara Agar Manfaat Skincare Maksimal, Kulit Makin Glowing!

4. Gunting kuku setiap dua pekan

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah RapuhIlustrasi potong kuku (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Jangan menunggu memotong kuku ketika panjang saja. Hal ini bisa dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali.

Lima belas hari merupakan jarak yang baik antara dua siklus pemotongan karena pada jarak hari tersebut, kuku tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Kecuali jika kamu memiliki kuku yang tumbuh sangat cepat, kamu juga dapat melakukannya tanpa menunggu 15 hari setelahnya.

5. Kikir kuku setelah memotongnya

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi perawatan kuku (baomoi.com)

Kebanyakan orang melewatkan langkah ini karena mereka tidak merasa perlu untuk mengikir kuku mereka setiap kali mereka memotongnya. Mengikir kuku tidak hanya untuk memberikan bentuk yang diinginkan pada kuku, tetapi juga untuk menghaluskan bentuk di sekitar kuku agar tidak menusuk dan melukai kamu di kemudian hari.

6. Rendam air hangat setelah memotong kuku

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi rendaman air hangat (unsplash.com/runejoahs)

Penting untuk membersihkan kuku setelah memotong dan mengikirnya. Langkah ini cukup penting untuk dilakukan agar memastikan semua kotoran hilang dari celah-celah kecil di sekitar kuku yaitu dengan merendam dengan air hangat dan sabun cair.

Hanya beberapa tetes sabun cair akan membantu menghilangkan kotoran dan bakteri. Selain itu kamu juga dapat menambahkan setetes minyak esensial untuk mencegah jari menjadi terlalu kering.

Rendam kuku dan jari selama lima menit lalu cuci dengan air biasa. Tak hanya usai potong kuku, kamu bisa melakukan ini sekali setiap minggu untuk membersihkan dan menghindari kotoran pada kuku.

Baca Juga: 4 Mitos Sunscreen yang Gak Perlu Kamu Percaya

7. Membersihkan kuku saat mencuci tangan

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi cuci tangan (unsplash.com/noahmatteo)

Sering kali, ketika mencuci tangan, kita hanya menggosok area luar dan menggosok telapak tangan, akan tetapi kuku perlu juga dibersihkan karena ada kuman pada kuku tangan.

Ini sangat penting dilakukan terlebih saat kamu makan dengan tangan. Saat mencuci tangan dengan sabun, pastikan kamu menggosokkan ibu jari pada kuku lainnya dan kemudian jari telunjuk di sekitar ibu jari untuk membersihkannya dengan benar.

8. Gunakan cat kuku berkualitas baik

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi nail polish (unsplash.com/anniespratt)

Kebanyakan perempuan suka memakai cat kuku sepanjang waktu. Namun, perlu diingat untuk menggunakan produk yang bagus. Kuku bisa berubah warna akibat bahan kimia yang ada pada cat kuku.

Selain itu, cat kuku yang berkualitas buruk juga bisa terkelupas dan tertelan saat makan dengan tangan. Jadi, pastikan kamu membeli cat kuku berkualitas.

9. Beralih ke penghapus cat kuku bebas aseton

9 Cara Merawat Kuku agar Bersih, Sehat dan Gak Mudah Rapuhilustrasi memakai cat kuku (unsplash.com/kisatomic)

Jika kamu sering menggunakan cat kuku dan melakukan nail art, menggunakan penghapus cat kuku berbasis aseton mungkin lebih cepat menghilangkan cat kuku. Namun, penghapus cat kuku jenis ini dapat membuat lempeng kuku dan kulit di sekitarnya menjadi kering dan rapuh, termasuk kutikula.

Cairan kimia ini juga dapat berbahaya bagi kesehatan bila penggunaannya tidak tepat. Oleh karena itu, pilihlah penghapus cat kuku yang tidak mengandung aseton. 

Buat kamu yang sedang mengalami kuku yang mudah rapuh dan patah, sudah saatnya kamu perlu melakukan perawatan simpel di atas biar kukumu bisa kembali sehat dan kuat, selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Produk Kecantikan Ini Jadi Berbahaya jika Dipinjamkan ke Orang Lain

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya