TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Plus Minus Berbagi Tabungan Bersama Pacar, Bagaimana kalau Putus?

Yakin kamu sudah siap?

ilustrasi tabungan bersama pasangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Membahas tabungan pernikahan dengan pacar adalah langkah serius dalam hubungan. Pasalnya hal ini menunjukkan komitmen dan kesiapan untuk membangun masa depan bersama. Kamu dan si menjadi lebih serius dalam mempersiapkan segalanya soal pernikahan.

Namun berbagi tabungan pernikahan dengan pacar mempunyai plus dan minus yang perlu dipertimbangkan secara cermat. Yakin kamu sudah siap?

1. Lebih percaya satu sama lain, tapi bagaimana jika putus?

Berbagi tabungan pernikahan dengan pacar memerlukan keterbukaan dan kepercayaan yang tinggi. Langkah ini akan memperkuat hubungan kalian karena menunjukkan kemauan untuk bekerja sama dalam hal keuangan. 

Sayangnya kalian harus memikirkan risiko keuangan jika hubungan berakhir. Hal ini akan jadi proses yang rumit dan sulit terutama jika tidak ada perjanjian. 

2. Perbedaan dalam mengelola keuangan

Pengelolaan keuangan yang berbeda antara kamu dan pasangan bisa menyebabkan ketidakcocokan. Adanya perbedaan terhadap cara mengatur keuangan, seperti pengeluaran, cara menabung, investasi, utang bisa menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Friendship Marriage, Nikah Tanpa Rasa Cinta?

3. Pengelolaan keuangan yang lebih efisien namun bisa menyebabkan ketergantungan

Kalian bisa mengelola keuangan lebih efisien dengan menghindari jumlah rekening secara terpisah. Namun berbagi tabungan pernikahan dengan pacar bisa menyebabkan ketergantungan keuangan atau finansial. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam hubungan dan merusak kemandirian keuangan.

4. Kebebasan pasangan seolah dibatasi

Menggabungkan tabungan pernikahan bisa mengurangi kebebasan finansial individu. Ingat keputusan keuangan harus dibuat bersama-sama sebagai pasangan. Ini bisa membuat salah satu pasangan merasa terbebani karena dibatasi dalam melakukan pengeluaran dan merasa kehilangan kontrol atas keuangan pribadinya.

Verified Writer

Desria

Suka menulis dan menangis (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya