Comscore Tracker

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari Lebaran

Berbagi uang THR bisa menambah suka cita di hari Lebaran

Berbagi THR menjadi momen yang ditunggu saat hari raya. Bagi seseorang yang dewasa dan mapan secara finansial, Lebaran bisa dijadikan sebagai ajang untuk berbagi terutama kepada kerabat dan tetangga. Namun, perlu kehatian-hatian dan bijaksana saat membagikan uang THR, karena tidak hanya THR saja yang kamu pikirkan.

Jangan biarkan pengeluaran kamu selama Lebaran jadi membengkak hanya karena bersikeras ingin membagikan uang THR. Berikut lima tips aman berbagi THR saat hari Lebaran.

1. Buat perencanaan khusus THR

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari Lebaranilustrasi membuat rencana berbagi uang THR (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Perencanaan yang matang terkait pengeluaran uang THR harus dipikirkan. Kamu perlu menganggaran jumlah uang yang akan kamu bagikan. Upayakan agar kamu tidak menganggarkan lebih dari seperempat penghasilan bulananmu.

Upayakan untuk menenentukan uang baru dengan nominal lenbih kecil agar terlihat lebih banyak. Uang baru ini bisa menyenangkan anak-anak yang menerimanya.

2. Cukup gunakan uang dari satu kali gaji

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari Lebaranilustrasi menganggarkan uang THR (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setelah menganggaran jumlah uang THR, kamu harus mentukan sumber dananya. Agar tidak boncos, cukup menganggarkan uang THR ini dari satu kali gaji. Ingat, tidak harus mengambil semua penghasilan bulananmu. 

Jangan sampai kamu mengambil anggaran uang THR dari tabungan atau dana darurat yang sudah kamu simpan sekian lama ya.

Baca Juga: Viral Standar THR Anak di Jogja, Kamu Dapat Gak Nih?

3. Tentukan siapa yang menerimanya

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari Lebaranilustrasi anak-anak bermain (Pexels.com/Yan Krukau)

Ini mungkin tampak sepele, tetapi sangat penting untuk mempertimbangkan siapa saja yang berhak menerima. Beberapa orang mungkin berpikir untuk membedakan besaran uang THR yang akan diberikan. Jika anggaran untuk berbagi THR terbatas, kamu bisa menyamakan besaran uang THR agar kamu tidak ribet.

4. Bagikan dengan adil

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari Lebaranilustrasi berbagi uang thr (Pexels.com/Hồng Xuân Viên)

Besaran uang THR yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Kamu bisa memberikan besaran uang tunai dengan nominal tertinggi kepada mereka yang sedang kuliah karena kebutuhan mereka pasti jauh lebih banyak dibandingkan dengan anak kecil.

5. Memberi hampers camilan sebagai pengganti uang THR

5 Tips Aman Berbagi Uang THR di Hari LebaranIlustrasi snack (unsplash.com/redaquamedia)

Hampers menjadi salah satu pilihan yang biasa kita berikan sebagai pengganti uang THR. Ide hadiah yang terjangkau untuk meminimalkan pengeluaranmu

Ada begitu banyak pilihan untuk isian hampers, sehingga kamu bisa mementukan isi hampers yang cocok diberikan kepada kerabat dan tetangga saat Lebaran. 

THR yang kamu berikan di hari Lebaran bisa memberikan manfaat dan menambah kecintaan kepada orang-orang di sekitarmu. Apalagi saat memberikannya, kamu didoakan agar murah rezeki. Jadi, tidak ada salahnya untuk berbagi kepada kerabat di hari Lebaran.

Baca Juga: 10 Ide Hampers Lebaran untuk Karyawan dan Rekan Kerja, Biar THR Awet

Alfian Nurhidayat Photo Community Writer Alfian Nurhidayat

an anthropologist in the milky way

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya