Comscore Tracker

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Sukses

Mudah dilakukan, kok

"Buku adalah jendela dunia." Ini pepatah lama yang menyadarkan kita betapa pentingnya membaca buku. Ya, berbagai informasi dan ilmu memang bisa didapatkan darinya. Itulah mengapa, tak sedikit orang sukses seperti Bill Gates, Ellon Musk, Tony Robbins, Warren Buffet, dan lainnya menyempatkan waktu untuk membaca buku setiap harinya. 

Tapi, apakah kamu penasaran bagaimana caranya orang sukses tetap bisa menyediakan waktunya untuk membaca buku sedangkan mereka dikenal super sibuk? Eits, jangan salah, ternyata mereka memiliki metode khusus untuk membaca buku yang tak menghabiskan banyak waktu, lho. Untuk lebih jelasnya, yuk intip di bawah ini. 

1. Hanya membaca buku yang diperlukan

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Suksesilustrasi membaca banyak buku (unsplash.com/Giulia Bertel)

Jangan hanya membaca buku yang sedang tren dan ternyata informasinya belum kamu butuhkan. Karena tak jarang, buku yang tren ya hanya sekedar mengikuti euforia yang ada. 

Tak sedikit buku yang direkomendasikan orang sukses adalah buku yang tidak diketahui oleh banyak orang, tapi memiliki esensi yang penting untuk kamu, lho. Jadi, tak ada salahnya membaca dari rekomendasi mereka. 

Kalau ternyata buku tersebut sulit dimengerti, coba cari buku lain yang membahas topik yang sama tapi mudah dimengerti. Ketika kamu sudah memahaminya, coba baca kembali buku yang direkomendasikan itu. 

2. Memperhatikan hal kecil yang ada dalam buku

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Suksesilustrasi membuat pratinjau (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak sedikit orang yang membaca buku, langsung melihat bab pertama tanpa mencari tahu kisi-kisinya. Alhasil, kamu jadi perlu mencerna setiap bab lebih lama. 

Sebaiknya kamu perlu pratinjau sebelum lebih serius membaca sebuah buku. Untuk melakukannya, kamu perlu membaca kata pengantar dan pendahuluan, melihat daftar isi, melihat kisi-kisi setiap bab dan poin penting di setiap bab (beberapa buku nonfiksi mempunyai hal ini), memindai indeks, baca deskripsi buku, catat hal yang ingin kamu dapatkan melalui buku tersebut, dan baca setiap bagian buku yang perlu dieksplorasi lebih lanjut. 

Meski terkesan merepotkan di awal, tapi dengan beberapa tindakan di atas, kamu bisa meningkatkan kecepatan dan efektivitas dalam membaca. Tak hanya itu, pratinjau ini juga membuatmu bisa menentukan lanjut membaca atau pending. 

Baca Juga: Semangat Sineas Kulon Progo Makin Menyala saat Pandemik COVID-19

3. Fokus saat membaca

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Suksesilustrasi membaca buku (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Mengikuti waktu yang kamu miliki, pasang timer agar kamu bisa fokus membaca buku. Tidak masalah kamu menyetel waktu 30 menit atau dua jam, yang terpenting kamu fokus untuk membaca saat timer berjalan. 

Agar hasilnya maksimal, jauhkan gadget atau hal-hal yang menganggu konsentrasimu ketika membaca. Kalau perlu, kamu juga bisa menyalakan musik yang menenangkan agar kamu semakin fokus seperti musik klasik, musik meditasi, dan musik menenangkan lainnya. 

4. Tidak terpaku pada buku konvensional

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Suksesilustrasi mendengarkan audiobooks (unsplash.com/@lenakuld)

Semakin berkembangnya teknologi, kemudahan dalam membaca buku pun ikut berkembang. Kini alasan tidak membaca buku karena tidak membawa buku saat kamu di luar rumah sangat ketinggalan zaman. 

Kamu bisa menggunakan waktu luang ketika ada di luar rumah dengan membaca buku elektronik (e-book) yang ada di Google Books, Kindle Amazon, dan aplikasi lainnya. Masih beralasan tidak ada waktu, kamu bisa bekerja sambil mendengarkan bacaan buku melalui audio books yang banyak disediakan Android atau iOS.

5. Mencatat isi buku di setiap bab

5 Trik Baca Buku tanpa Menghabiskan Banyak Waktu dari Tokoh Suksesilustrasi menulis catatan (pixabay.com/pexels)

Malas mencatat setiap bab yang sudah kamu baca dapat membuatmu berulang kali membaca buku yang sama karena lupa apa informasi yang kamu dapatkan dari buku itu. Menulis catatan hingga mencoret-coret tulisan yang dirasa penting di setiap bab bisa membuatmu ingat apa yang sudah dibaca. 

Tak harus 100 persen meniru tulisan dalam buku tersebut. Kamu bisa membuat catatan dengan kata-katamu sendiri sesuai dengan pemahamanmu, kok. Kemudian, baca ulang setiap catatan di setiap bab dan cari benang merahnya. Pilih ide-ide besar yang menarik di kepalamu dan ingat kembali apa saja yang sudah kamu baca serta pelajari. 

Mulailah menerapkan beberapa trik tersebut satu per satu sampai kamu terbiasa. Tanpa terasa, cara membaca bukumu jadi lebih cepat, mudah dipahami, dan efektif. Semoga cara ini berhasil, ya! 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Rencana Pengembangan Karier 5 Tahun ke Depan

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya