Comscore Tracker

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan Sampahmu

Referensi setor sampah di Kabupaten Bantul 

Yogyakarta darurat sampah semakin jelas ketika TPST Piyungan yang terletak di Kabupaten Bantul beberapa kali ditutup karena overcapacity. Sampah yang menumpuk di TPST tentunya sudah tidak dapat lagi dibendung hanya dengan slogan "Buanglah sampah pada tempatnya". Mengelola sampah dengan bijak bisa menjadi salah satu alternatif mengurangi sampah yang kita hasilkan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyetorkan sampah ke bank sampah terdekat.

Bank sampah merupakan salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang akan memulai hidup minim sampah. Namun bank sampah tidak serta merta menerima sampah begitu saja, bank sampah ini menerima sampah yang sebelumnya sudah dipilah oleh orang-orang yang kemudian dapat disetorkan ke bank sampah terdekat. 

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi bank sampah di Bantul yang bisa kamu pilih sebagai jujugan untuk pengelolaan sampahmu.

1. Bank Sampah Gemah Ripah Bantul

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan SampahmuBank Sampah Gemah Ripah Bantul (instagram.com/banksampah_gemahripah)

Bank Sampah Gemah Ripah Bantul merupakan salah satu pelopor bank sampah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Bantul. Bank sampah ini beroperasi sejak 2008.

Melalui banksampah.id, sampah yang bisa disetorkan disini diantaranya dari kertas, plastik, baja, kaleng, hingga minyak jelantah. Gemah Ripah juga menerima sampah organik maupun non-organik. Sampah disetorkan juga dihargai dengan nominal yang variatif dari Rp100 per kg hingga Rp45 ribu per kg untuk sampah berbahan dasar tembaga.

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo Dk, Jl. Badegan No.RT 12, Bejen, Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bank Sampah Subur Makmur Bantul

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan SampahmuBank Sampah Subur Makmur Bantul (facebook.com/bs.suburmakmur)

Bank Sampah Subur Makmur Bantul merupakan bank sampah yang terletak Desa Pendowoharjo Sewon Bantul. Bank sampah ini mengolah sampah-sampah yang disetorkan oleh warga menjadi kerajinan tangan seperti tas, bunga plastik dan kerajinan tangan lainnya.

Alamat: Jl. Bantul No.km 9,5, Pendowoharjo, Karanggede, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: 7 Bank Sampah di Kota Jogja yang Aktif dan Produktif

3. Bank Sampah SJR Blink Jurug Argosari

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan SampahmuBank Sampah SJR Blink Jurug Argosari (kec-sedayu.bantulkab.go.id)

Bank Sampah SJR Blink Jurug merupakan salah satu bank sampah yang terletak di Kabupaten Bantul tepatnya di Sedayu Bantul. Bank sampah ini juga tentunya menerima sampah-sampah dari masyarakat agar dapat bisa kembali didaur ulang.

Alamat: Jl. Jurug, Jurug, Argosari, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Bank Sampah Mandiri Barokah Dusun Kuroboyo

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan SampahmuIlustrasi pengelolaan sampah plastik (unsplash.com/Nick Fewings)

Bank sampah ini terbentuk dari kesadaran masing-masing individu di Dusun Kuroboyo yang secara kolektif mendirikan bank sampah dan mengelola sampah yang diawali dari lingkungan terdekat mereka.

Dikutip dari laman resmi Kalurahan Caturharjo, Pandak, Bantul, Bank Sampah Mandiri Barokah Dusun Kuroboyo pernah mendapatkan peringkat IV evaluasi bank sampah tingkat DIY pada tahun 2019 untuk kategori Bank Sampah Pemula. 

Alamat: Kuroboyo, Kuroboyan, Caturharjo, Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Bank Sampah Alam Lestari

5 Bank Sampah di Bantul untuk Jujukan Pengelolaan SampahmuBank Sampah Alam Lestari (srigading.bantulkab.go.id)

Bank Sampah Alam Lestari yang didirikan pada tanggal 4 Maret 2016 berangkat dari keprihatinan masyarakat sekitar yang masih melihat warga membuang sampah sembarangan. Oleh karenanya, bank sampah ini didirikan agar tidak merusak lingkungan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dilansir laman resmi Kalurahan Srigading, Sanden, Bank Sampah Alam Lestari beberapa kali menerima kunjungan dari lingkup DIY maupun luar daerah seperti Nabire Papua. Selain itu pernah juga menerima kunjungan dari 5 Negara antara lain Malaysia, Australia, Inggris, Jepang dan Belanda. Bahkan pada 2 tahun yang lalu dari USA California meliput langsung proses daur ulang sampah.

Alamat: Jl. Mahabharata, Bangeran, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia

Nah, beberapa bank sampah di Bantul tadi bisa kamu pilih untuk menyetorkan sampah yang telah dipilah. Selain menjaga lingkungan, juga bisa dapat uang. Asyik, kan?

Baca Juga: 6 Bulk Store Jogja Berkonsep Zero Waste, Belanja Minim Sampah

Feti Nur Indah Sari Photo Community Writer Feti Nur Indah Sari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya