Comscore Tracker

Anjasmara Ajak Kenali Tubuh dengan Latihan Yoga, Ini 4 Manfaatnya  

Yoga dapat kurangi stres hingga sehatkan jantung

Aktor Anjasmara saat ini lebih dikenal sebagai instruktur yoga. Olahraga yang telah ditekuni selama delapan tahun ini, menurut suami Dian Nitami dapat mengenal lebih tubuh dan mengontrol stres. Menurut Anjas, hal ini penting dilakukan di saat pandemik yang penuh dengan tekanan.  

"Pertama yoga itu membuat kita bisa semakin kenal sama tubuh kita sendiri. Kita bisa mengontrol stres dan pernapasan yang lebih baik. Itu kan penting ya di masa sekarang yang terasa penuh tekanan," kata Anjasmara. 

Anjasmara memaparkan beberapa keuntungan melakukan yoga. Mau ikut latihan yoga juga?  

 

1. Latihan yoga bagi pemula

Anjasmara Ajak Kenali Tubuh dengan Latihan Yoga, Ini 4 Manfaatnya  Instagram.com/anjasmara

Bagi pemula, dikutip dari Antara, Anjasmara menyarankan untuk mencoba yoga dengan berlatih seminggu tiga kali dalam durasi setiap latihannya dibatasi minimal satu jam. Namun, bagi yang sudah terbiasa ia menyarankan latihan yoga bisa semakin intens seperti lima kali dalam seminggu dengan durasi latihan mulai dari 30 menit hingga 2 jam.

Baca Juga: 10 Gerakan Yoga Efektif yang Paling Mudah bagi Pemula

2. Yoga dapat memaksimalkan pernapasan

Anjasmara Ajak Kenali Tubuh dengan Latihan Yoga, Ini 4 Manfaatnya  Instagram.com/anjasmara

Anjasmara menyebut pernapasan normal manusia rata- rata hanya menggunakan 30 persen dari kapasitas paru-parunya, saat berlatih yoga seseorang bisa mencapai penggunaan sistem pernapasannya hingga 100 persen dan semaksimal mungkin. Hal ini disebabkan yoga mempraktikkan teknik pernapasan yang terus dilatih.

3. Detak jantung semakin berirama

Anjasmara Ajak Kenali Tubuh dengan Latihan Yoga, Ini 4 Manfaatnya  instagram.com/anjasmara

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari segi kesehatan fisik adalah detak jantung yang semakin beraturan serta melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh.

Selain itu, Anjasmara menuturkan tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel sehingga sendi-sendi yang tadinya kaku dan sulit bergerak bisa mencapai maksimal dalam bermanuver.

4. Yoga bebas dilakukan kapan saja

Anjasmara Ajak Kenali Tubuh dengan Latihan Yoga, Ini 4 Manfaatnya  Instagram.com/anjasmara

Menurut pemeran Cecep ini, aktivitas yoga bisa dilakukan semua orang dalam kondisi tidak terbatas waktu dan ruang.

Misalnya pada pagi hari, keuntungan melakukan yoga adalah untuk mempersiapkan diri menjalani hari. Sementara saat sore atau malam hari, bisa memberikan rasa rileks setelah melakukan kegiatan bekerja.

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya