TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Melatih Diri agar Mampu Salat dengan Tenang, Yuk Coba!

Kualitas ibadah yang baik akan mendamaikan hati dan pikiran

ilustrasi seseorang yang sedang salat (pexels.com/Michael Burrows)

Intinya Sih...

  • Kualitas ibadah yang baik akan mendamaikan hati dan pikiran
  • Berusaha untuk tenang saat beribadah, seperti ketika dipanggil orang penting
  • Mulai membiasakan salat di awal waktu untuk menghindari kekeliruan dan tergesa-gesa
  • Salat di tempat yang suci dan kondusif dapat menciptakan ketenangan dalam beribadah

Setiap orang yang memeluk agama Islam memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah salat lima waktu dan alangkah lebih baik bila turut melaksanakan salat yang bersifat sunah. Kendati mampu memenuhi perintah tersebut, tetapi rasanya masih sulit untuk bisa beribadah dengan tenang. Rasanya ada saja hal-hal yang mengganggu pikiran, terutama yang menyangkut urusan duniawi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa godaan salat memang beragam. Namun, sebaiknya kamu berusaha untuk menenangkan hati dan pikiran, sehingga mendapatkan kualitas ibadah yang jauh lebih tinggi. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencapai ketenangan tersebut? Coba latih dirimu untuk menerapkan beberapa tips berikut ini, ya!

1. Ingat bahwa kamu sedang menghadap Allah SWT

Ketika kamu dipanggil oleh orang yang menurutmu penting atau punya kuasa atas dirimu, seperti orangtua, atasan, atau siapa saja yang dihormati, tentu kamu akan berusaha tampil terbaik. Supaya tampak meyakinkan, kamu harus mencoba untuk tenang terlebih dahulu. Bayangkan, mana bisa kamu terlihat baik-baik saja bila merasa gelisah?

Pada saat salat, sejatinya kamu sedang menghadap Allah SWT, Tuhan yang menciptakanmu dan segala sesuatu. Jika sewaktu bertemu manusia yang notabene merupakan makhluk ciptaan-Nya saja kamu berusaha untuk terlihat baik, bagaimana bisa kamu menemui Tuhan dengan keadaan yang seadanya?

Oleh sebab itu, selalu ingat bahwa salat adalah ibadah yang sangat penting dan merupakan momen pertemuan dengan Allah SWT. Jadi, berusahalah untuk beribadah dengan tenang. Tinggalkan urusan duniawi sejenak, lalu berikan seluruh hati dan jiwamu untuk-Nya.

2. Biasakan salat di awal waktu

Salah satu faktor yang kerap menyebabkan hilangnya rasa tenang saat salat adalah karena kamu melakukan ibadah tersebut di akhir waktu. Pada saat seperti ini, kamu akan begitu tergesa-gesa karena sebentar lagi waktu salat akan segera berakhir. Akibatnya, banyak kekeliruan yang jelas menurunkan kualitas ibadahmu.

Supaya hal semacam ini dapat dihindari, maka penting untuk mulai membiasakan salat di awal waktu. Begitu azan sebagai panggilan salat sudah berkumandang, segera tinggalkan apa pun yang sedang kamu kerjakan. Lekaslah berwudu dengan baik dan tunaikan salat. Melalui cara ini, kamu masih punya banyak kesempatan untuk melaksanakan ibadah dan berdoa, sehingga diharapkan mampu melaksanakannya dengan tenang.

Baca Juga: Pahami 3 Makna Penting Gerakan Salat Biar Ibadahmu Lebih Berarti

3. Lakukan salat di tempat yang semestinya

Salat merupakan ibadah yang memerlukan tempat suci dan bersih. Tidak hanya itu, suasana tempat yang kondusif juga tentunya turut memberikan kontribusi positif untuk menciptakan ketenangan. Nah, bila selama ini kamu memiliki kebiasaan melaksanakan salat di spot yang sekiranya banyak distraksi, seperti kamar atau ruang keluarga, terlebih dengan keadaan televisi sedang menyala, maka coba hentikan.

Mulai sekarang, cobalah salat di tempat yang memang semestinya, seperti musala atau masjid, terutama saat berada di tempat kerja. Ketika berada di rumah dan tidak memiliki fasilitas khusus untuk salat, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan sudut ruangan kecil sebagai tempat ibadah tersebut. Dengan begini, distraksi dapat dikurangi, sehingga diharapkan kamu akan lebih tenang dalam melaksanakan salat.

Salat merupakan ibadah penting bagi seorang muslim dan muslimah. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya hal tersebut dilaksanakan dalam kondisi tenang agar semua tahapannya dapat dilalui dengan baik. Ingat, bila salatmu berkualitas, maka amalan yang lain pun akan mengikuti, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Salat Terasa Candu, Berkah Melimpah Ruah

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya