TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anak Muda Jogja Kreatif Cari Cuan lewat Usaha Party Planner

Febri juga manfaatkan momen Natal untuk bikin hampers

Tanda Tjinta, Hampers Natal Jogja (dok.istimewa)

Yogyakarta, IDN Times - Harus pintar-pintar cari akal untuk menghasilkan pendapatan di zaman sekarang. Asal bisa mengasah kreativitas, tak menutup kemungkinan justru bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Adalah Febri Indarto, pemuda asal Yogyakarta yang kini bekerja sebagai penyedia jasa party planner dan pembuat hampers musiman. Sudah ditekuni hampir sepuluh tahun lamanya, Febri beberkan susah senangnya bekerja di industri kreatif.

1. Melihat peluang dan manfaatkan barang lama

Febri Indarto, founder Adorable Party Planner dan Tanda Tjinta (dok.istimewa)

Memulai di tahun 2015, Febri menyadari bahwa di Jogja belum ada jasa yang dekor pesta yang waktu itu lagi banyak berkembang di Jakarta.

"Aku mikir di Jogja belum ada nih yang model dekor di meja lalu pernak pernik tematik gitu. Akhirnya Januari 2015 aku coba tawarin ke teman-teman buat dekor table buat dinner di hari ulang tahun salah satu teman kita, jadi surprise dan aku yang inisiatif buat nyiapin dekornya," ceritanya saat diwawancara pada Senin (25/12/2023) lalu.

Bermula dari dekorasi sederhana dan memanfaatkan barang yang ada di rumah, Febri juga membuat sendiri hiasannya dengan dari botol-botol bekas. Voila! Dekorasi pertamanya pun lancar dan hasilnya bisa dijadikannya portofolio. Febri sendiri mengaku sebelum membuka jasa tersebut ia bekerja lepas sebagai panitia acara-acara di Jogja.

2. Klien datang dari berbagai kalangan dan usia, temanya pun banyak menyesuaikan selera

Adorable Party Planner Jogja (dok.istimewa)

Membuka jasa yang kemudian diberi nama 'Adorable Party Planner', tugas Febri dan tim tak sederhana. Ia harus merencanakan acara selengkap mungkin, mulai dari menyusun tema, konsep, sampai eksekusi desain acara.

"Kalau adorable sendiri fokusnya pada dekorasi, tapi kita juga nyusun planning acaranya juga," tutur Febri. Ia pun menjelaskan bahwa kliennya datang dari berbagai kalangan seperti anak-anak SMA yang merayakan sweet 17, gender reveal untuk pasangan yang menyambut momongan, instansi dan perkantoran, acara aqiqah, ulang tahun anak, sampai dengan pesta lamaran dan pernikahan.

Tema yang bisa dipilih beragam, mulai dari rustic, garden party, sampai yang penuh bunga. Soal harga, tentu bisa disesuaikan dengan budget.

Berita Terkini Lainnya