6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmu

Diskusikan bersama keluarga saat meletakan tv di kamar

Saat kamu mempunyai kamar sendiri, paling enak istirahat dan menikmati tayangan televisi yang diletakkan di dalam kamar. Namun, apakah kebiasaan ini bakal dipertahankan saat berkeluarga? 

Yuk kita simak keuntungan dan kerugian memiliki dua televisi atau lebih yang salah satunya diletakkan di kamar utama. Diskusikan enam hal berikut bersama pasanganmu dan tentukan prioritas kalian.

1. Tepat untuk menyaksikan acara dewasa bersama pasangan

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi pasangan menonton (pexels.com/cottonbro studio)

Acara dewasa gak cuma yang berbau seks, film horor atau berita-berita kriminal yang mengerikan, termasuk di dalamnya. Tentu anak-anak tidak semestinya ikut melihatnya. Sulit untuk menghindari hal ini bila kalian hanya memiliki satu televisi di ruang tengah dan punya keinginan kuat buat menyaksikan acara tersebut.

Adanya televisi di kamar, akan mewujudkan keinginanmu untuk melihatnya bersama pasangan. Bagaimanapun juga, orang dewasa memerlukan hiburan atau informasi tertentu.

Tayangan berbau seks juga baik buat menjaga kehangatan hubungan kalian di ranjang. Terkadang sulit mengandalkan imajinasi sendiri, apalagi setelah melalui hari-hari melelahkan dan penuh beban pikiran. Menyaksikan tayangan percintaan berdua bersama pasangan akan membangkitkan keromantisan kembali.

2. Terhindar dari rebutan remote televisi

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi menonton televisi (pexels.com/Soumith Soman)

Sepertinya kejadian ini dialami oleh banyak keluarga. Jangankan antara orangtua dengan anak, suami istri atau saudara saja bisa beda kesukaan jika menyangkut tontonan. 

Tayangan televisi yang berbeda, kerap diwarnai pertengkaran kecil lantaran. Malah ada yang menyembunyikan remote televisi. Drama harian begini tidak perlu terjadi lagi, jika  terdapat televisi di kamarmu. Kamu dapat menonton acara apa saja dengan tenang.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Kamar Tidur Harum, Bikin Betah dan Tidur Nyeyak 

3. Tidak menganggu anggota keluarga yang lain saat nonton sampai malam

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi menonton televisi (pexels.com/Ron Lach)

Di akhir pekan, kamu mungkin ingin menghabiskan waktu dengan menyaksikan televisi sampai larut malam. Di hari-hari biasa dirimu tak punya kesempatan tersebut karena pulang kerja hingga larut malam. Jika televisi hanya ada di ruang tengah, kemungkinan besar dirimu bakal mengganggu seisi rumah.  

Saat menonton televisi dengan volume sangat kecil, tentu akan menghilangkan keseruannya. Apalagi kamu sedang menikmati penyanyi atau menonton film favoritmu. Menyaksikan film dari kamar sendiri tentu akan lebih leluasa dibanding di ruang tengah.

4. Bisa ganggu waktu tidur kalau gak disiplin

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi menonton televisi (pexels.com/Amateur Hub)

Setelah tiga hal positif di atas, tentunya ada terdapat sisi negatif yang harus kamu waspadai. Menonton televisi sambil rebahan, kemungkinan membuatmu tak merasa mengantuk. Akibatnya, dirimu atau pasangan baru tidur menjelang dini hari. Kegiatan ini bisa dilakukan saat malam libur, namun apa jadinya jika kamu harus bangun pagi?   

 

5. Anak ingin memilikinya di kamar

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi menonton televisi (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Buat kamu yang sudah memiliki anak, televisi di kamar sendiri dapat memicu problem serius. Si anak bisa meminta hal yang sama seperti yang dilakukan orangtuanya. Akibatnya tentu buruk bagi si anak. Seperti menjadi malas belajar dan menghabiskan waktunya hanya di dalam kamar dengan menonton televisi.

 

6. Kurangi quality time bersama keluarga

6 Plus Minus Letakkan Televisi di Kamar Tidur, Pilih Prioritasmuilustrasi menonton televisi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Rumah menjadi tempat pulang setelah kamu lelah beraktivitas. Paling enak tentu beristirahat dan menikmati hiburan. Apabila kedua hal tersebut sudah bisa dilakukan dari kamar, kamu pasti menjadi malas keluar. 

Ini berpotensi menjadi masalah besar jika dirimu telah berkeluarga. Tanpa sadar kamu lebih suka menyendiri dan ditemani televisi daripada berkumpul bersama anak-anak. Kalian akan jarang bertemu apalagi mengobrol.

Kebersamaan ketika menyaksikan televisi tak hanya melihat siarannya. Akan tetapi juga kesempatan buat berbincang tentang kegiatan anak di sekolah, pendapat anak tentang apa yang tampak di layar kaca, serta tentunya bercanda. 

Itulah plus dan minus meletakan televisi di dalam kamar tidur. Kamu tentunya sudah memikirkan dengan bijak pilihanmu. Jangan hanya gara-gara sekotak televisi di kamar, ke muncul masalah serius dalam keluargamu.

Baca Juga: 5 Bunga yang Cocok Jadi Dekorasi Natal, biar Makin Indah!

Marliana Kuswanti Photo Community Writer Marliana Kuswanti

Penulis fiksi maupun nonfiksi. Lebih suka menjadi pengamat dan pendengar. Semoga apa-apa yang ditulis bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya