Comscore Tracker

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliah

Semangat yang perlu kamu miliki dalam belajar

Mahasiswa punya spirit sebagai polymath? Wah, itu keren banget. Polymath atau polimatik adalah sebutan untuk seseorang yang mempelajari beberapa disiplin ilmu. Bukan hanya itu, ia juga memiliki kepakaran yang mencakup berbagai bidang. Di dunia perkuliahan, polymath bisa diartikan sebagai mahasiswa yang menuntut ilmu di lebih dari satu jurusan yang berbeda.

Semangat belajar seperti memang patut diapresiasi. Lalu, apa saja sisi baik lainnya jika mahasiswa punya semangat menjadi polymath ketika kuliah? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Punya semangat menjalani kuliah lebih dari satu jurusan

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliahilustrasi ruang kuliah yang luas (pexels.com/ICSA)

Kuliah di lebih dari satu jurusan sekaligus di waktu bersamaan itu tidak buruk. Dari sudut pandang akademis, itu merupakan semangat yang sangat bagus. 

Selagi niat kamu kuliah adalah belajar, haus ilmu dan ingin menekuni bidang tertentu, mengapa tidak? Selagi kamu punya semangat dan finansial mendukung, manfaatkanlah untuk meraih cita-cita besar di masa depan. 

2. Terdorong untuk banyak membaca, meneliti dan mengasah keterampilan

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliahilustrasi pria membaca buku (pexels.com/nappy)

Ingin menjadi orang yang punya kepakaran di banyak bidang cenderung senang belajar. Kesenangan itu akan dia upayakan dengan cara meluangkan waktu khusus untuk belajar. 

Semangat belajarnya ditandai dengan banyak membaca, meneliti, dan mengasah keterampilan. Dia sadar bahwa kepakaran tak cukup hanya diasup lewat teori tapi juga praktik. 

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Konflik dengan Dosen, Jaga Tata Krama!

3. Berusaha menyelami pembelajaran, bukan hanya ingin cepat lulus

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliahilustrasi wisuda bersama ayah (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Semangat belajar seorang mahasiswa yang murni ingin menjadi seorang pakar sangat berbeda. Targetnya, bukanlah cepat lulus, melainkan dia ingin menguasai dan mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. 

Sekalipun dia punya target lulus cepat, bisa jadi target berikutnya adalah ingin segera masuk ke jurusan berbeda. Seseorang yang ingin menjadi polymath akan memilih untuk menyelami pembelajaran, bukan terburu-buru selesai. 

4. Menjalani perkuliahan dengan maksimal

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliahilustrasi mahasiswa bersemangat (pexels.com/Yan Krukov)

Menjalani kuliah dengan maksimal ditandai dengan beberapa hal. Tidak hanya tugas yang dikerjakan dengan saksama dan meraih IPK yang bagus, tapi juga aktif berdiskusi dengan dosen selama kegiatan belajar.

Aktif berdiskusi tidak hanya perihal bertukar pikiran atau berbagi referensi. Tapi, juga perihal membagikan ide-ide cemerlang dan mengasah kemampuan berpikir kritis lewat proses bertanya. 

5. Punya perencanaan karier yang lebih matang

5 Sisi Baik Punya Semangat Jadi Polymath ketika Kuliahilustrasi kuliah dan karir (pexels.com/Armin Rimoldi)

Punya persiapan karier yang matang harus menjadi impian setiap mahasiswa. Karier yang matang ikut mematangkan langkah untuk menuju ke sana. 

Punya keahlian di lebih dari satu bidang membuat kamu punya peluang karier yang bagus di usia muda. Sebab, tidak semua keahlian punya kesempatan kerja di waktu yang cepat.

Tidak hanya semangat yang perlu kamu miliki ketika ingin menjadi polymath di masa depan. Kesabaran, ketekunan dan dukungan material hingga moral juga kamu butuhkan. Persiapkan semuanya dengan baik, ya!

Baca Juga: 4 Fakta Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Kampus Favorit di Jogja!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya