Comscore Tracker

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas Internasional

Membuka kesempatanmu belajar di luar negeri

Sebagian dari kamu mungkin mendambakan kuliah di luar negeri namun urung karena berbagai alasan. Nah, sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta ternyata punya kelas internasional yang bisa menjadi alternatif, lho!

Kelas internasional atau International Undergraduate Program (IUP) sendiri punya standar berbeda dengan program reguler. Di sini biasanya universitas bermitra dengan kampus luar negeri. Kamu pun punya kesempatan belajar langsung di kampus rekanan. 

Nah, ini dia universitas di Yogyakarta yang menawarkan program internasional. Penasaran?

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas InternasionalUniversitas Gadjah Mada. IDN Times/Siti Umaiyah

UGM menempati peringkat ke-254 sebagai universitas terbaik di dunia menurut World University Rankings (WUR). Sehingga, wajar bila UGM menjadi salah satu universitas terkemuka yang ada di Yogyakarta. 

Peringkat tersebut dinilai berdasarkan reputasi akademik, rasio siswa, mahasiswa internasional, hingga kelas internasional. Ya, UGM memiliki beberapa kelas internasional yang sudah diakui. 

Kelas internasional atau International Undergraduate Program merupakan program khusus yang ditawarkan dengan kurikulum dan sistem pembelajaran berdasarkan standar internasional. Program ini juga memiliki bahasa pengantar yang disesuaikan dengan bahasa pemersatu dunia. 

UGM menyediakan pilihan kelas internasional dalam jurusan akuntansi, manajemen, ekonomi, hukum, psikologi, ilmu komputer, teknik elektro, kimia, ilmu kedokteran, hubungan internasional, manajemen kebijakan publik, ilmu komunikasi, biologi, peternakan, dan farmasi. 

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas InternasionalUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) (Dok. UMY)

Universitas di Yogyakarta yang menawarkan kelas internasional berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ini merupakan kampus swasta yang berlokasi di jalan Brawijaya, Bantul. 

UMY menyiapkan diri untuk meningkatkan daya saing global dengan menawarkan kelas internasional. Terdapat beberapa program jurusan berbahasa pengantar bahasa Inggris yaitu hukum dan syariah, hubungan internasional, pemerintahan, ekonomi dan keuangan Islam, komunikasi Islam, manajemen bisnis, akuntansi, dan ilmu komunikasi. 

Baca Juga: Guru Besar UGM Masuk 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia 

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas InternasionalUniversitas Islam Indonesia (UII). (uii.ac.id)

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan universitas di Yogyakarta berbasis Islam. Meskipun demikian, UII menyiapkan program studi internasional yang menunjukkan bahwa mereka mengapresiasi dan menjunjung tinggi keberagaman pemikiran. 

Terdapat beberapa jurusan perkuliahan International Program UII yaitu ekonomi pembangunan, akuntansi, manajemen, informatika, teknik kimia, teknik industri, hukum, arsitektur, teknik sipil, farmasi, hubungan internasional, ilmu komunikasi, dan hukum keluarga islam. 

Program studi internasional tersebut didukung oleh aktivitas penunjang perkuliahan seperti soft skills, global leadership, character building program, dan bridging program. Tidak hanya itu saja, International Program UII juga memberikan mahasiswa internasional kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa. 

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas InternasionalUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) (wikimapia.org)

Universitas Negeri yang menawarkan kelas internasional lainnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Ini juga merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Yogyakarta berbasis kependidikan.

Universitas Negeri Yogyakarta memberikan pilihan program internasional yaitu pendidikan kimia, pendidikan matematika, pendidikan teknik elektro, dan pendidikan teknik elektronika. Selain itu, terdapat beberapa program terbaru yaitu pendidikan sejarah, geografi, pendidikan luar biasa, dan pendidikan seni kriya. 

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

5 Universitas di Yogyakarta Ini Punya Kelas InternasionalUniversitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) (uajy.ac.id)

Universitas di Yogyakarta yang satu ini memiliki visi dan misi untuk mewujudkan World Class University. Universitas Atma Jaya Yogyakarta berhasil mewujudkannya dengan memperoleh akreditasi terbaik dan meluncurkan program internasional. 

Program Internasional UAJY memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengikuti pertukaran mahasiswa, magang di luar negeri, atau mengikuti program pertukaran budaya asing. 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki beberapa pilihan program internasional yaitu teknik industri, teknik sipil, manajemen bisnis, akuntansi, dan ilmu komunikasi. Seluruh program internasional tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Nah, lima universitas di Yogyakarta di atas bisa jadi pilihanmu yang ingin kuliah di kelas internasional. Sudah putuskan memilih yang mana?

Baca Juga: Mahasiswa UNY Rancang Sky Trem, Transportasi Umum Ramah Lingkungan 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya