Comscore Tracker

Batik Yogyakarta Oleh-oleh Khas Nusantara 

Yuk, pakai batik dari Jogja!

Jika mendengar kaya Yogyakarta, salah satu yang terngiang di kepala kamu pasti batik. Hal ini tidak mengherankan lagi, karena kota yang satu ini memang menjadi salah satu sentra batik di Indonesia. 

Batik Yogyakarta sendiri memiliki berbagai motif dan juga warna. Hal ini tentunya akan membuat kamu dapat memilih batik sesuai dengan motif dan juga warna yang kamu inginkan. 

Kamu tentunya harus tahu beberapa informasi mengenai batik Yogyakarta ini, nih. Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Garis dan tekstur yang khas

Batik Yogyakarta Oleh-oleh Khas Nusantara ilustrasi warna dasar putih batik khas Jogja (youtube.com/SuryaKKS)

Untuk batik Jogja sendiri, ia tampil dengan ciri khas atau motif khusus yaitu memiliki garis tekstur. Garis tekstur ini cenderung lebih besar, tebal, dan juga lebih tegas. Sehingga, dapat memberikan kesan yang gagah.

Maka tidak heran jika produksi dari batik ini akan sangat banyak diminati oleh pecinta batik. Selain itu, kain batik Jogja ini juga sangat cocok untuk dijadikan baju maupun dipakai pada saat acara pernikahan. 

Baca Juga: 5 Motif Batik Jogja dan Filosofinya, Ada yang Melambangkan Kesuburan!

2. Memiliki filosofi di setiap motifnya

Batik Yogyakarta Oleh-oleh Khas Nusantara ilustrasi corak garis batik Jogja (youtube.com/SuryaKKS)

Batik Jogja sendiri memiliki beragam motif yang bisa kamu pilih. Tentunya setiap motif tersebut memiliki makna atau filosofi nya tersendiri.

Contohnya batik dengan motif pamiluto. Motif tersebut sering digunakan pada acara pertunangan.

Dalam bahasa Jawa, pamiluto sendiri diartikan dengan kepilut atau tertarik. Sehingga, makna tersebut dalam motif batik ini adalah mengharapkan kedua calon pengantin ini bisa saling terikat antara satu dengan yang lain. 

Motif kedua adalah dengan motif sindur, yang merupakan satu-satunya motif batik yang juga memiliki kombinasi warna merah di dalamnya. Untuk motif yang ketiga yaitu motif Sidomukti yang mana mengandung harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin itu juga mengharapkan umur yang panjang. 

3. Perbedaannya dengan batik Solo

Batik Yogyakarta Oleh-oleh Khas Nusantara ilustrasi perbedaan batik Jogja dan batik Solo (pexels.com/John Bastian)

Perbedaan yang jelas nampak dari batik khas Jogja dengan batik Solo yaitu terletak pada warna dasar. Batik khas dari Jogja biasanya memiliki warna dasar yang putih mencolok dan bersih. 

Sedangkan jika batik dari Keraton Solo akan memilih warna dasar yang cenderung gelap atau berwarna gelap. Juga terdapat perbedaan pada motifnya yang mana biasanya batik Solo tampil dengan motif yang lebih kecil dan garis-garis yang lebih tipis serta anggun. 

4. Menjadi oleh-oleh khas Jogja

Batik Yogyakarta Oleh-oleh Khas Nusantara Ilustrasi Kampung Batik Giriloyo.(IDN Times/Daruwaskita)

Jika sedang berlibur ke Jogja, maka kain batik ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat. Hal ini karena batik Jogja hanya bisa ditemukan di Jogja saja, lho. 

Terdapat beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin membeli batik di Jogja. Kamu juga bisa mendatangi langsung kampung batik Giriloyo, Yogyakarta. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motif

Itulah beberapa informasi menarik mengenai batikk Yogyakarta yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke sini. Tentunya kita semua perlu melestarikan budaya Nusantara yang satu ini, ya!

Topic:

  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya