TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tumbuhkan Kemauan Belajar Sepenuh Hati, Biar Maksimal

Punya kemauan lebih konsisten

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tidak semua orang langsung memiliki kemauan belajar sepenuh hati. Jika belajar hanya setengah hati, tentu hasilnya gak akan maksimal. 

Padahal materi pelajaran yang perlu dipelajari tidak akan bisa dipahami secara optimal kalau kita belum punya kemauan belajar. Oleh karena itu, simak lima tips untuk menumbuhkan kemauan belajar sepenuh hati berikut ini!

1. Kumpulkan dulu tekad yang kuat sebelum belajar

ilustrasi orang di perpustakaan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kenapa tekad menjadi hal pertama yang dibahas? Sebab, tekad yang kuat akan membantu kamu untuk menguatkan keinginan belajar. Yang jadi pertanyaan, bisakah tekad yang kuat membantu kita untuk belajar dengan sepenuh hati?

Jawabannya memang sangat bervariasi, tergantung pada masing-masing orang. Namun, kita dapat berusaha terlebih dahulu untuk mengumpulkan tekad yang kuat untuk belajar. Tekad tersebut membuat kita lebih optimis dan memperluas sudut pandang pribadi soal belajar sehingga lambat laun proses belajar diharapkan bisa dilakukan dengan sepenuh hati.

Baca Juga: 10 SMA Swasta Terbaik di Yogyakarta 2022 Versi LTMPT

2. Mencoba berbagai strategi belajar yang efektif

ilustrasi orang sedang melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang punya cara belajar yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Tak jarang seseorang memaksakan diri menggunakan cara belajar yang tidak sesuai dengan dirinya. Akibatnya? Ya, dia sendiri yang kewalahan dan proses belajar pun dilakukan dengan setengah hati dan seadanya saja.

Padahal jika bisa mencari tahu terlebih dahulu berbagai strategi belajar yang efektif, kamu bisa lebih memperkirakan mana strategi belajar yang sesuai dan mana yang tidak. Memang sih, dalam proses menemukannya tak jarang ada kesulitan dalam menerapkan strategi belajar tersebut. Tapi tetaplah sabar dan berusaha yang terbaik sesuai kemampuanmu, ya!

3. Kembangkan kreativitas untuk membantumu belajar

ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Anthony Shkraba)

Proses belajar kadang terasa membosankan dan tidak dapat dijalankan dengan sepenuh hati karena berbagai hal, salah satunya karena masih kurangnya kreativitas. Hal ini cukup penting terutama saat belajar, sebab dengan kreativitas kamu dapat memahami cara belajar yang lebih efektif sekaligus nyaman untuk diterapkan.

Bukan sekadar untuk diterapkan dalam jangka pendek, namun diharapkan kreativitas tersebut bisa dikembangkan dalam jangka panjang. Dengan demikian, pemahamanmu saat belajar dapat berkembang secara konsisten. Jadi, melatih diri untuk berpikir kreatif juga penting banget agar kita dapat belajar dengan gembira dan sepenuh hati. Setuju?

4. Menentukan prioritas belajar yang cocok untuk diri sendiri

ilustrasi orang mencari buku (pexels.com/Cleyder Duque)

Sering kali prioritas belajar tidak benar-benar ditentukan oleh diri sendiri. Maksudnya, prioritas belajar tersebut bisa jadi berasal dari orang lain, entah dirimu sadari atau tidak. Mengikuti prioritas belajar orang lain sepertinya bukanlah ide yang tepat.

Kamu memang bisa coba memahaminya tapi tetap temukan dan tentukan prioritas belajarmu sendiri, ya. Sebab kebutuhan dan kemampuan belajar masing-masing pribadi tentulah akan berbeda. Jadi, selain terbantu untuk lebih efisien dalam proses belajar, kamu sendiri dapat lebih nyaman dan sepenuh hati dalam menjalankannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Menulis, Banyak Manfaatnya

Verified Writer

Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya