TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Sepele Picu Kebakaran Rumah, Waspada!

Hati-hati, menjaga keluarga, rumah dan lingkunganmu!

ilustrasi rumah terbakar (pexels.com/Jani Kantokoski)

Kebakaran rumah adalah musibah yang menimbulkan kerugian yang besar, bahkan mengancam nyawa. Penyebabnya pun beragam, mulai kelalaian pemilik rumah seperti membuang puntung rokok sembarangan hingga korsleting listrik.

Memahami penyebab kebakaran sangat penting untuk mencegah terjadinya musibah ini. Artikel ini akan mengulas lima hal yang sering dianggap sepele, namun berpotensi memicu kebakaran. Mari kita simak untuk menjaga keselamatan keluarga dan orang sekitar. 

1. Kebiasaan meletakkan benda yang mudah terbakar

Kebiasaan sehari-hari yang sering kita anggap sepele, ternyata berpotensi memicu kebakaran. Misalnya, membuang puntung rokok sembarangan di sekitar tempat yang mudah terbakar, yaitu sampah yang terdapayt daun kering atau kertas dan plastik. Jangan lupa juga untuk mengawasi anak-anak saat bermain, terutama dengan api.

2. Kelalaian saat menggunakan peralatan masak

Kebanyakan kebakaran disebabkan oleh kelalaian, seperti lupa mematikan kompor setelah memasak. Padahal kebiasaan sepele ini sangat berisiko, lho. Pastikan kompor dalam keadaan mati setelah selesai memasak. 

Baca Juga: Polisi Periksa 16 Tukang, Cari Penyebab Kebakaran Gedung Bakamla

3. Penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai prosedur

Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil yang dapat memicu kebakaran. Salah satunya berhubungan dengan arus pendek atau korsleting listrik. Kebiasaan buruk seperti menggunakan kabel yang sudah rusak, menghubungkan banyak terminal ke colokan listrik dalam satu sumber arus, atau meninggalkan peralatan listrik yang menyala dapat memicu kebakaran. 

4. Jarang mengecek instalasi listrik

Kondisi kabel instalasi listrik yang rusak, terkelupas, sambungan longgar, atau terkena air sering menjadi pemicu kebakaran. Sayangnya, banyak orang mengabaikan bahaya ini. Untuk mencegah kebakaran, kita perlu memeriksa instalasi listrik secara berkala.

Mengabaikan pemeriksaan rutin instalasi listrik dapat berakibat fatal. Kerusakan seperti kabel terkelupas, sambungan longgar, atau gigitan tikus dapat memicu korsleting. 

5. Tidak menyediakan alat pendeteksi asap atau alat pemadam api ringan di rumah (APAR)

Kebakaran rumah tidak hanya mengancam keluarga, tetapi juga dapat merembet ke rumah-rumah di sekitarnya, terutama di pemukiman padat.

Untuk mencegah kebakaran meluas, menyediakan alat pendeteksi asap dan pemadam api ringan di rumah sangat penting. Jangan anggap remeh alat-alat ini. Kehadirannya dapat membantu kita memadamkan api di awal kejadian dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Dengan melakukan antisipasi tindakan di atas, kita dapat melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar dari bahaya kebakaran. 

Baca Juga: Cara Naik Trans Jogja dan Tipsnya, Catat agar Tidak Bingung ya!

Verified Writer

Fauzan Fadhilah

IG: @fadhi_lahfauzan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya