Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC Mampet

 Tinggalkan kesan jorok di WCmu

Kesal, badmood, panik. Rasanya campur aduk ketika WC-mu mampet pada saat dibutuhkan. Alhasil, aktivitas buang air besar jadi tidak nyaman dan toilet pun menimbulkan bau tak sedap. 

Selain memanggil jasa sedot WC, berikut tips sederhana untuk menghalau bau tak sedap akibat WC yang mampet.

1. Memasang lilin aromaterapi

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC MampetIlustrasi lilin aromaterapi (Pexels.com/annashvets)

Saat kamu sedang berusaha mengatasi WC yang mampet, kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi terlebih dahulu untuk menangkal bau tidak sedap. Lilin dengan aroma wangi yang kuat akan membantu meminimalisir bau yang timbul.

Kamu bisa memilih aroma wangi kopi atau juga vanila. Aroma kopi dapat meninggalkan wangi yang kuat dan khas, sehingga wangi tersebut bisa menangkal bau.

2. Siram pembersih lantai di sekitar kloset

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC MampetIlustrasi pembersih lantai (Pexels.com/monstera)

Pembersih lantai yang memiliki aroma wangi yang menyegarkan, bisa kamu gunakan sebagai solusi. Sebelum kamu mulai menyedot WC yang mampet, kamu bisa menyiram air yang telah dicampurkan oleh pembersih lantai di sekitar kloset. 

Kalau tidak memiliki pembersih lantai, kamu juga bisa memanfaatkan pewangi pakaian. Bau tak sedap bisa dinetralisir oleh wangi dari pembersih lantai atau pun pewangi pakaian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jasa Sedot WC di Jogja, Ada yang 24 Jam

3. Memanfaatkan baking soda

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC MampetIlustrasi baking soda (Pexels.com/kaboompics)

Kamu juga bisa memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya, tuang secangkir baking soda ke dalam WC, lalu tunggu hingga satu jam. Setelah itu, kamu bisa menyiram kembali dan mulai membersihkan WC. Perlahan-lahan bau tidak sedap akan menghilang.

Selain menghilangkan bau tidak sedap, baking soda juga diklaim bisa mengatasi WC yang mampet. Caranya, campurkan dengan cuka. Tunggu hingga berbusa, jika dirasa busa sudah mulai meluap, siram dengan air panas. Bila timbul gelembung-gelembung, itu menandakan kedua bahan campuran tersebut sedang bekerja menghancurkan penyumbatan. Kamu bisa menunggu selama beberapa jam.

4. Menggunakan cuka

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC MampetIlustrasi seseorang menuangkan cuka (Pexels.com/cottonbro)

Cuka atau asam asetat dipercaya cukup efektif dalam mengatasi bau tidak sedap yang berasal dari WC. Sebelum mulai menyedot WC, kamu bisa gunakan cuka sebagai salah satu alternatif.

Cukup siramkan cuka di sekitar permukaan WC, lalu gosok dengan sikat. Tunggu beberapa saat, bau tidak sedap lama-lama dapat dinetralkan.

5. Menggunakan arang kayu

5 Tips Sederhana Menghalau Bau Tak Sedap Akibat WC MampetIlustrasi arang kayu (Pexels.com/karenlaarkboshoff)

Arang kayu yang telah dikarbonisasi dengan pembakaran diklaim memiliki fungsi menyerap bau. Kamu cukup meletakkan beberapa bongkahan arang kayu di mangkok kecil lalu letakkan di sudut toilet. Arang kayu ini bisa menyerap bau hingga beberapa hari ke depan, hal ini bisa menjadi pilihan efektif untuk kamu dalam menetralisir bau WC yang mampet.

Nah, kamu bisa mencoba beberapa tips di atas untuk menghalau bau tak sedap akibat WC mampet sembari menunggu salurannya diperbaiki. Saat klosetmu mampet, usahakan jangan menyiram air terlalu banyak karena hal ini bisa membuat semua kotoran yang di WC naik. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Potret Benda Tak Biasa di Kamar Mandi, Dijadikan Studio Musik

Hanifa Ramadhanti Photo Community Writer Hanifa Ramadhanti

seorang penulis lepas yang sedang mencari jati diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya