Comscore Tracker

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!

Metode sederhana biar lemari lebih lega

Hayo jujur, berapa banyak jumlah pakaian yang kamu punya nih sampai-sampai lemarimu jadi sulit buat ditutup? Apa iya semua pakaian ini masih sering kamu pakai? Kalau hanya menumpuk, kenapa gak mencoba decluttering pakaian dengan metode KonMari?

Decluttering sendiri adalah kegiatan menyortir barang sesuai dengan kebutuhan, supaya rumah atau kamar jadi lebih nyaman lagi. Metode KonMari diperkenalkan oleh Marie Kondo, ahli decluttering asal Jepang.

Fyi, tips decluttering pakaian di sini juga termasuk baju, celana, tas, sampai aksesori, ya. Penasaran 'kan bagaimana caranya? Yuk, coba lakukan 7 langkah ini di bawah ini! 

1. Turunkan semua pakaian dari lemari dan lepas dari hanger

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering pakaian (instagram.com/simple.home.edit)

Langkah pertama dalam melakukan decluttering adalah menurunkan semua pakaian dari lemari kamu. Jika ada yang masih tergantung di hanger, lepaskan dan letakkan pada kasur atau lantai kamar. Dan sebisa mungkin, jangan melewatkan apa pun, termasuk syal, kalung, topi, atau baju yang berada di tempat lain.

Selanjutnya, siapkan beberapa wadah bisa berupa kardus, plastik sampah besar, atau lainnya. Tak sampai di situ, kamu juga perlu memastikan kalau kamu sedang free atau gak memiliki kesibukan lain sehingga proses decluttering gak terganggu. 

2. Kumpulkan pakaiannya sesuai kategori

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering pakaian (instagram.com/decluttrme)

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan pakaian sesuai dengan kategorinya. Mana celana, kaos, blouse, sampai yang paling kecil seperti pakaian dalam. 

Letakkan setiap kategori secara terpisah dan jangan ada yang berdekatan. Selain memisahkan menurut kategorinya, kamu bisa juga memisahkan pakaian demi pakaian menurut musim atau temanya. 

3. Fokus pada pakaian yang masih ingin kamu pakai

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering pakaian (instagram.com/simple.home.edit)

Salah satu kesalahan saat menyortir pakaian adalah selalu mencari yang sudah enggan dipakai lagi. Padahal, akan proses decluttering akan lebih menyenangkan jika fokusnya bergeser pada 'mencari yang masih ingin dipakai lagi'. 

Pilih pakaian mana yang membuat nyaman, yang menimbulkan rasa percaya diri, dan yang membuat bahagia. Selanjutnya, pisahkan pakaian mana yang akan digunakan dan tidak. Meskipun pada akhirnya kamu justru lebih banyak memilih pakaian lama, tapi itulah jawabanmu. 

Baca Juga: 5 Tips Lemari Pakaian Anti Berantakan dengan Metode KonMari

4. Beri waktu jeda untuk berpikir ulang

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering pakaian (instagram.com/decluttrme)

Jangan langsung membereskan pakaian-pakaianmu. Beri jeda pada diri sendiri sebentar untuk menimbang-nimbang, apakah pilihan yang dibuat tadi sudah benar, atau sebaliknya. Jadi, setelah proses pemilahan, coba kamu bersantai sebentar, istirahat atau mungkin makan kudapan dan minum es. 

Setelah tenagamu kembali, hadapi lagi tumpukan pakaian baik yang masih akan kamu simpan atau yang akan dialihkan ke lainnya. Pegang satu demi satu sambil tanyakan pada diri sendiri, 'apa pakaian ini benar akan aku pakai lagi?' Atau 'apa aku benar yakin kalau pakaian ini pergi dari lemariku?' 

5. Simpan pakaian yang masih ingin dipertahankan sesuai dengan kategorinya

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering pakaian (instagram.com/decluttrme)

Selain banyaknya pakaian yang membuat lemarimu terlihat penuh dan berantakan, cara penyimpanannya mungkin juga kurang teratur. Sekalian proses decluttering, ini saatnya kamu menata ulang lemari. 

Lipat kaos sesuai kegunaannya dan bedakan mana kaos untuk di rumah atau mana untuk bepergian. Sama halnya dengan celana pendek, jeans, juga pakaian dalam, pisahkan menurut kegunaannya. 

6. Bereskan pakaian-pakaian yang tersisa

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!tips decluttering KonMari (thespruce.com)

Eits, belum selesai! Kamu masih perlu memilah lagi pakaian tersisa atau yang pada akhirnya tidak lagi masuk lemari. 

Untuk pakaian-pakaian ini, kamu bisa melakukan 3 hal yaitu membuang, mendonasikan, atau menjual. Buang pakaian yang sudah tidak layak pakaian lagi, entah yang warnanya pudar, sobek, atau kecacatan lain. Namun selain membuang, kamu bisa mengalihfungsikan pakaian yang sudah buruk tadi dengan menjadikannya lap dapur sampai keset perca. 

Sementara pakaian yang masih bagus, layak pakai, sempurna, atau yang baru dan sama sekali belum pernah dipakai, kamu bisa mendonasikannya kepada badan amal yang tepercaya. Pilihan lain yang mungkin menyenangkan buat kantongmu adalah menjual kembali, apalagi sekarang sedang tren thrift, siapa tahu banyak yang menyukai pakaianmu, 'kan?

7. Tahan hasrat belanja

7 Tips Decluttering Pakaian ala KonMari untuk Pemula, Mudah!ilustrasi belanja (unsplash.com/@beccamchaffie)

Yang gak kalah penting dalam proses decluttering adalah menahan hasrat ingin belanja. Sebab rasanya percuma kalau kamu sudah menyortir dan membenahi isi lemari, tapi masih sering belanja pakaian yang sejatinya gak perlu-perlu banget. 

Pakai apa yang sudah kamu punya dan mulai belajar soal mix and match pakaian supaya lebih bergaya tanpa perlu memberatkan kantong dan lemari. Toh, mengikuti tren berbusana gak akan ada habisnya!

Baca Juga: 6 Tips Dapur Rapi ala KonMari, Masak Jadi Menyenangkan

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya