TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Tips Menggunakan AC dengan Efektif, Awet dan Irit Listrik

Kalau tidak diperlukan, gak perlu dinyalakan

ilustrasi menyalakan AC (freepik.com/freepik)

Saat ini penggunaan AC menjadi hal yang biasa, apalagi di daerah perkotaan. Gak hanya membuat ruangan bebas panas, ruangan menjadi sejuk dan terasa menyegarkan.

Menggunakan AC dengan efektif, tak hanya membantu menghemat biaya listrik, tetapi juga memperpanjang usia AC. Terapkan sederet tips berikut untuk penggunaan AC yang lebih Efektif. Keep scrolling!

1. Pilih kapasitas yang sesuai

Pastikan AC yang kamu pilih disesuaikan dengan ukuran ruangan. Kapasitas AC diukur dalam BTU (British Thermal Unit), penyesuaian dengan luas ruangan agar kinerjanya optimal. 

2. Pasang di tempat yang tepat

Pasang AC di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, dan jauh dari peralatan elektronik yang menghasilkan panas. Ini akan membantu AC bekerja lebih efisien. Penempatan yang tepat akan membuat umur AC lebih panjang dan kinerjanya maksimal.

Baca Juga: AC Mobil Gak Dingin? Curigai Bagian-bagian Ini

3. Atur suhu AC dengan bijak

Atur suhu AC pada tingkat yang nyaman tetapi tidak terlalu rendah. Suhu ideal biasanya antara 24-26 derajat Celsius. Mengatur suhu terlalu rendah akan meningkatkan konsumsi energi. 

4. Gunakan mode hemat energi

Seiring berkembangnya teknologi, banyak AC modern yang dilengkapi mode hemat energi. Mengaktifkan mode ini dapat mengurangi konsumsi listrik tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna. Jika AC di rumah kamu sudah memiliki fitur ini, pastikan untuk selalu mengaktifkannya ya.

5. Tutup pintu dan jendela

Terkesan sederhana namun dampaknya signifikan, sayangnya beberapa orang masih menyepelekan hal ini. Saat AC sedang menyala, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat untuk mencegah udara dingin keluar dan udara panas masuk.

6. Gunakan tirai atau gorden

Sekadar menutup jendela, terkadang masih belum cukup untuk memaksimalkan kinerja AC. Pasang tirai atau gorden untuk menghalangi sinar matahari langsung masuk ke ruangan. Ini akan membantu menjaga suhu ruangan tetap stabil dan mengurangi beban kerja AC.

7. Lakukan perawatan rutin

Bersihkan filter AC secara berkala, setidaknya sebulan sekali. Filter yang bersih akan memastikan aliran udara yang baik dan meningkatkan efisiensi AC. Jika tida bisa melakukannya sendiri, panggil tukang servis AC profesional. 

8. Jangan mengatur suhu terlalu rendah di malam hari

Malam hari biasanya lebih sejuk, sehingga kamu tidak perlu mengatur suhu AC terlalu rendah. Bahkan jika memungkinkan kamu gak perlu menyalakan AC, ini akan membantu menghemat konsumsi listrik dan freon.

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya